PRESPEKTIF GENDER DALAM PENENTUAN PENGURUS KELAS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p59-63

Keywords:

Gender, Pengurus Kelas, Sekolah Dasar

Abstract

Belum diterapkan program pengarusutamaan gender dalam bidang pendidikan dasar menjadi perhatian tersendiri bagi banyak pihak. Banyak sekolah yang ada di Indonesia masih belum melaksanakan program Education for Air atau penghapusan disparitas gender pada pendidikan dasar. Padahal sesuai kesepakatan dengan negara yang tergabung dalam UNESCO harusnya Indonesia sudah menerapkan pengarustamaan gender sejak tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para guru bahwa gander tidak memiliki pengaruh dalam menentukan peserta didik untuk mendapatkan haknya menjadi pengurus kelas sebagai ketua dan sekretaris. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode kajian literature atau pustaka. Untuk analisis datanya peneliti melakukan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan peran serta guru dan orang tua dalam mengatasi masalah gander pada peserta didik. Sebagai guru harus mampu memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didiknya untuk menjadi ketua kelas dan sekretaris. Sehingga dapat dikatakan guru yang baik adalah guru yang dapat mengembangkan potensi dasar peserta didiknya. Sedangkan untuk peran orang tua dituntut mampu membagi peran anak-anaknya di rumah. Anak laki-laki harus dilatih membantu pekerjaan rumah saudara perempuanaya. Sebaliknya, anak perempuan dilatih membantu saudara laki-laki dalam membelikan kebutuhan pokok keluarganya di luar rumah.

References

<p>Amodio, D. M., &amp; Devine, P. G. (2006). Stereotyping and evaluation in implicit race bias: Evidence for independent constructs and unique effects on behavior. <em>Journal of Personality and Social Psychology</em>. https://doi.org/10.1037/0022-3514.91.4.652</p><p>Burda, J. E., Bernstein, A. M., &amp; Sofroniew, M. V. (2016). Astrocyte roles in traumatic brain injury. <em>Experimental Neurology</em>, <em>275</em>, 305315. https://doi.org/10.1016/j.expneurol.2015.03.020</p><p>Faridah, A. (2018). Gender dalam Pendidikan Pesantren. <em>Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial</em>.</p><p>Putra, D. A. (2018). Kesetaraan Gender dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. <em>ELSE (Elementary School Education Journal)</em><em>¯</em><em>: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar</em>. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1400</p><p>Willer, D., Turner, J. C., Hogg, M. A., Oakes, P. J., Reicher, S. D., &amp; Wetherell, M. S. (1989). Rediscovering the Social Group: A Self-Categorization Theory. <em>Contemporary Sociology</em>. https://doi.org/10.2307/2073157</p><p>Zaduqisti, E. (2009). Stereotipe Peran Gender dalam Pendidikan Anak. <em>Jurnal Muwazah</em>. https://doi.org/10.1016/j.expneurol.2015.03.020</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 657 , PDF Downloads: 1529