PRESPEKTIF GENDER DALAM PENENTUAN PENGURUS KELAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p59-63Keywords:
Gender, Pengurus Kelas, Sekolah DasarAbstract
Belum diterapkan program pengarusutamaan gender dalam bidang pendidikan dasar menjadi perhatian tersendiri bagi banyak pihak. Banyak sekolah yang ada di Indonesia masih belum melaksanakan program Education for Air atau penghapusan disparitas gender pada pendidikan dasar. Padahal sesuai kesepakatan dengan negara yang tergabung dalam UNESCO harusnya Indonesia sudah menerapkan pengarustamaan gender sejak tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para guru bahwa gander tidak memiliki pengaruh dalam menentukan peserta didik untuk mendapatkan haknya menjadi pengurus kelas sebagai ketua dan sekretaris. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode kajian literature atau pustaka. Untuk analisis datanya peneliti melakukan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan peran serta guru dan orang tua dalam mengatasi masalah gander pada peserta didik. Sebagai guru harus mampu memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didiknya untuk menjadi ketua kelas dan sekretaris. Sehingga dapat dikatakan guru yang baik adalah guru yang dapat mengembangkan potensi dasar peserta didiknya. Sedangkan untuk peran orang tua dituntut mampu membagi peran anak-anaknya di rumah. Anak laki-laki harus dilatih membantu pekerjaan rumah saudara perempuanaya. Sebaliknya, anak perempuan dilatih membantu saudara laki-laki dalam membelikan kebutuhan pokok keluarganya di luar rumah.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

