PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA FLIPCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V SDN SUKOHARJO 2 MALANG

Authors

  • Nita Retno Wahyuningati SDN Sukoharjo 2 Malang
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p39-46

Keywords:

Problem Based Learning, media Flipcart, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  Penerapan Problem Based Learning dan media flipcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa Kelas V Semester Genap Tahun 2018/2019 SDN Sukoharjo 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukoharjo 2 Kota Malang sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 74,1kemudian pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa menjadi siswa 79,33 dan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa 81,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan media Flipcart dapat meningkatkan hasil belajar Materi Ekosistem Siswa Kelas V Semester Genap Tahun 2018/2019 SDN Sukoharjo 2 Malang.

References

<p>Akbar, Sadun. 2010. <em>Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi &amp; Implementasinya. </em>Yogyakarta: Cipta Media Aksara.</p><p> Arikunto, S. 2006. <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek</em> (Edisi Revisi VI).  Jakarta: Rineka Cipta.</p><p> Arsyad, Azhar. 1996. <em>Media Pembelajaran</em>. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.</p><p>Budiningsih, Asri. 2005. <em>Belajar dan Pembelajaran</em>. Jakarta: Rineka Cipta</p><p> Daryanto. 2010. <em>Media Pembelajaran</em>. Bandung: Satu Nusa</p><p> Depdiknas. 2006. <em>Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah</em>. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional</p><p> Gede Gunantara, Made Suarjana, Putu. Nanci Riastini. 2014. <em>PENERAPAN Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V</em>. Jurnal. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha</p><p> Heni Rusnayati, Eka Cahya Prima. 2011. <em>Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas</em>. Yogyakarta. FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.</p><p> Huda, Moh Badrul. 2011. <em>Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa</em>. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FIP Universitas Negeri Malang.</p><p> Iskandar, Srini M.1997. <em>Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam</em>. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.</p><p> Fathurrohman, Muhammad. 2015. <em>Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta</em>: Ar-Ruzz Media</p><p> Mulyasa. 2007. <em>Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung</em>: PT Remaja Rosdakarya</p><p> Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning  dan Penerapannya dalam KBK Edisi kedua(Revisi). Malang: Universitas Negeri Malang</p><p> Sudjana, Nana. 2010. <em>Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar</em>. Bandung: PT Remaja Rosdakarya</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 497 , PDF Downloads: 350