ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA TUNA RUNGU DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI

Authors

  • Ina Agustin FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p29-38

Keywords:

interaksi sosial, tuna rungu, pendidikan inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial siswa tuna rungu dengan siswa reguler, guru kelas, guru pembimbing khusus serta mengetahui strategi pembinaan siswa tuna rungu dalam pengembangan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam pene­litian ini adalah satu guru pembimbing khusus (GPK), satu guru kelas, dan satu anak tuna rungu di SDN Pucangan 2 Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan interaksi sosial antara siswa tuna rungu dengan siswa reguler yaitu dengan menggunakan bahasa isyarat lokal, memiliki perilaku imitasi atau meniru, asosiatif seperti menjalin kerjasama dan memiliki rasa kepedulian terhadap teman, serta perilaku disosiatif yaitu sensitif dan sulit mengontrol emosi saat siswa reguler mengganggunya. Interaksi siswa tuna rungu dengan guru menggunakan bahasa isyarat lokal dan nasional, guru memberikan stimulus positif sehingga muncul sifat sugesti dan perasaan nyaman pada saat bersama dengan guru. Strategi pembinaan siswa tuna rungu dalam pengembangan interaksi sosial dengan mengembangkan keterampilan menggunakan bahasa bibir dan bahasa isyarat serta regulasi emosi.

References

<p>Ahmadi, Abu.2008. <em>Psikologi Belajar</em><em>.</em>Jakarta: Rineka Cipta</p><p> Bungin, Burhan. 2006. <em>Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat</em>. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.</p><p> Gerungan, W.A. 2004. <em>Psikologi Sosial. Bandung</em>: PT Refika Aditama.</p><p> Gross, J.J., &amp; Thompson, R.A.(2006). <em>Emotion Regulation: Conceptual Foundation. In J.J Gross (Ed.), handbook of emotion regulation.</em> New York: Guilford Press.</p><p> Soekanto, Soerjono. 1990. <em>Sosiologi Suatu Pengantar</em>. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.</p><p> Somantri, Sutjihati. <em>Psikologi Anak Luar Biasa</em>. Bandung: Refika Aditama, 2006.</p><p> Sugiyono. 2017. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&amp;D.</em> Bandung: Alfabeta.</p><p> Sunardi dan Sunaryo. 2007. <em>Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus.</em> Jakarta: Depdiknas.</p><p> Winarsih, Murni. 2007. <em>Intervensi Dini bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa</em>. Jakarta: Depdiknas.</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 891 , PDF Downloads: 1738