PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN YOSORATI 02 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p64-72Keywords:
media, poster, puisi, Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write melalui media poster terhadap keterampilan menulis puisi tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Yosorati 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Penentuan sampel penelitian dengan metode random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 4,871, sedangkan nilai ttabel pada tarafsignifikansi 5% adalah 0,338. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat thitung > ttabel, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, penerapan model pembelajaran Think Talk Write melalui media poster berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis puisi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

