PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN YOSORATI 02 JEMBER

Authors

  • Friska Ayu Kusuma Ningrum Jember University

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p64-72

Keywords:

media, poster, puisi, Think Talk Write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write melalui media poster terhadap keterampilan menulis puisi tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Yosorati 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Penentuan sampel penelitian dengan metode random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 4,871, sedangkan nilai ttabel pada tarafsignifikansi 5% adalah 0,338. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat thitung > ttabel, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, penerapan model pembelajaran Think Talk Write melalui media poster berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis puisi.

Published

2022-12-25
Abstract views: 384 , PDF Downloads: 523