KONTRIBUSI BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR SDN 2 RAWA LAUT DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

Authors

  • Noviana Diswantika Stkip PGRI Bandar Lampung
  • Mareyke Jessy Tanod Stkip PGRI Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p70-80

Keywords:

kontribusi, guru, sekolah, ramah anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting  peran guru bimbingan Konseling dalam mengatasi permasalahan anak di SD.  Dalam hal ini belum ada guru BK di SD dan bagaimana peran guru BK Sendiri di gantikan oleh wali kelas sebagai guru yang bisa terbilang dekat dengan anak murid di kelas yang ia tangani, serta bagaimana guru BK menjadi mentor dalam mewujudkan sekolah SDN 2 RAWA LAUT sebagai sekolah yang ramah anak sesuai apa yang pemerintah inginkan di setiap sekolah. Teknik pengambilan data dalam hal ini kami melakukan wawancara,dan observasi dengan metode deskriftif kualitatif. Dari hasil analisis penelitian yang kami lakukan menunjukan bahwa: 1). Bagaimana peran wali kelas sebagai pengganti guru bk dalam menyelesaikan permasalahan  dan mendukung peserta didik dalam mewujudkan sekolah ramah anak 2). Bagaimana pihak sekolah dan pentingnya guru bk dalam mejudkan sekolah ramah anak 3).apa saja yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah anak

References

<p>Maliki. 2017. <em>Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar</em>. Jakarta: Prenada Media Group</p><p>Sholeh, M Asrorun Ni'am dan Lutfi Humaidi. 2016. <em>Panduan Sekolah dan Madrasah Ramah Anak. </em>Jakarta: Erlangga</p><p>Eris, Nova, Novi. "Kontribusi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar SDN 2 Rawa Laut dalam Mewujudkan Sekolah  Ramah Anak". Hasil Wawancara Pribadi: 11 maret 2020, SDN 2 Rawa Laut</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 511