Respon Mahasiswa Dalam Penerapan Strategi Jurnal Refleksi Mahasiswa

Authors

  • Wahyu Susiloningsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p55-63

Keywords:

Strategi, Jurnal Refleksi, Respon Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanrespon mahasiswa dalam penerapan strategi jurnal refleksi mahasiswa. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran. Jurnal refleksi adalah wadah untuk menuliskan apa yang dipahami dan tidak dipahami siswa dari semua proses pembelajaran yang dilakukan, untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran berikutnya. Jurnal refleksi tidak hanya sekedar deskripsi pesan di akhir pembelajaran tetapi harus memuat hal-hal penting yaitu evaluasi kebermanfaatan dengan mencari kelemahan dan kelebihan dari suatu proses pembelajaran, analisis penyebab dari kelemahan-kelemahan yang ditemukan serta rencana ke depan untuk perbaian proses pembelajaran selanjutnya. Jurnal refleksi dikatakan sebagai strategi pembelajaran karena merupakan bagian cara yang dipilih atau digunakan pengajar untuk menyampaikan materi.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UNIPA. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pembuatan jurnal refeksi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil analisis diinterpretasikan sehingga menghasilkan kesimpulan sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini.

Dari hasil RESPON dapat dideskripsikan melalui 25 butir pertanyaan yang diajukan kepada mahasiswa kelas 2014 A menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 B menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 C menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 D menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi.

Published

2022-12-25
Abstract views: 1169 , PDF Downloads: 1081