Respon Mahasiswa Dalam Penerapan Strategi Jurnal Refleksi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p55-63Keywords:
Strategi, Jurnal Refleksi, Respon MahasiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanrespon mahasiswa dalam penerapan strategi jurnal refleksi mahasiswa. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran. Jurnal refleksi adalah wadah untuk menuliskan apa yang dipahami dan tidak dipahami siswa dari semua proses pembelajaran yang dilakukan, untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran berikutnya. Jurnal refleksi tidak hanya sekedar deskripsi pesan di akhir pembelajaran tetapi harus memuat hal-hal penting yaitu evaluasi kebermanfaatan dengan mencari kelemahan dan kelebihan dari suatu proses pembelajaran, analisis penyebab dari kelemahan-kelemahan yang ditemukan serta rencana ke depan untuk perbaian proses pembelajaran selanjutnya. Jurnal refleksi dikatakan sebagai strategi pembelajaran karena merupakan bagian cara yang dipilih atau digunakan pengajar untuk menyampaikan materi.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UNIPA. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pembuatan jurnal refeksi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil analisis diinterpretasikan sehingga menghasilkan kesimpulan sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini.
Dari hasil RESPON dapat dideskripsikan melalui 25 butir pertanyaan yang diajukan kepada mahasiswa kelas 2014 A menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 B menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 C menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi, mahasiswa kelas 2014 D menunjukkan hasil secara keseluruhan, bahwa mahasiswa sangat setuju dengan adanya angket respon jurnal refleksi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

