PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Kelancaran suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek diataranya sarana dan prasarana agar dapat menjaga keefektifan guru dalam menyampaikan pesan materi pembelajaran. salah satu materi yang membutuhkan kelengkapan sarana ialah keterkaitan cahaya dan indra penglihatan. Materi tersebut akan susah dipahami siswa apabila tanpa bantuan video animasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan keefektifitasan media pembelajaran video animasi. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan Borg and Gall, namun hanya dilakukan hingga tahap efektifitasan media. Desain pengembangan dilakukan dari langkah pertama sampai delapan, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk. (8) uji coba keefektifan. Validitas media pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kelayakan media dengan persentase 86,5 % dengan kategori sangat layak. Efektivitas media video animasi dilakukan dengan mengetahui hasil post-test dengan persentase di SDN Balung Lor 03 Jember sebesar 84,61% dan di SDN Kepatihan 07 Jember sebesar 80,76%. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat diperoleh data bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.
References
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Pribadi, B. A. 2017. Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Romadhona, R. H. F. 2017. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran œSALUT Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B TK Marsudi Siwi Sawit. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. 6. No. 6.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Kencana.
Wuryanti, U., dan Kartowagiran, B. 2016. Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 6. No. 2. Hal 233.
Wijayanti., T. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan œPelestarian Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.