PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lailia Arditya Isti PGSD, FKIP, Universitas Jember
  • Agustiningsih Agustiningsih Universitas Jember
  • Arik Aguk Wardoyo Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Keywords:

Learning Strategy

Abstract

Kelancaran suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek diataranya sarana dan prasarana agar dapat menjaga keefektifan guru dalam menyampaikan pesan materi pembelajaran. salah satu materi yang membutuhkan kelengkapan sarana ialah keterkaitan cahaya dan indra penglihatan. Materi tersebut akan susah dipahami siswa apabila tanpa bantuan video animasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan keefektifitasan media pembelajaran video animasi. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan Borg and Gall, namun hanya dilakukan hingga tahap efektifitasan media. Desain pengembangan dilakukan dari langkah pertama sampai delapan, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk. (8) uji coba keefektifan. Validitas media pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kelayakan media dengan persentase 86,5 % dengan kategori sangat layak. Efektivitas media video animasi dilakukan dengan mengetahui hasil post-test dengan persentase di SDN Balung Lor 03 Jember sebesar 84,61% dan di SDN Kepatihan 07 Jember sebesar 80,76%. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat diperoleh data bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif.

Author Biography

Lailia Arditya Isti, PGSD, FKIP, Universitas Jember

Nama: Lailia Arditya Isti

TTL: Jombang, 12 Oktober 1997

PGSD Tahun Angkatan 2016

References

<p>Munadi, Y. 2012. <em>Media Pembelajaran</em>. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.</p><p>Pribadi, B. A. 2017. <em>Teknologi dalam Pembelajaran</em>. Jakarta: Kencana.</p><p>Romadhona, R. H. F. 2017. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran œSALUT Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B TK Marsudi Siwi Sawit. <em>E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan</em>. Vol. 6. No. 6.</p><p>Sanjaya, W. 2006. <em>Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses</em> Pendidikan. Jakarta: Kencana.</p><p>Satrianawati. 2018. <em>Media dan Sumber Belajar</em>. Yogyakarta: CV Budi Kencana.</p><p>Wuryanti, U., dan Kartowagiran, B. 2016. Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 6. No. 2. Hal 233.</p><p>Wijayanti., T. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan œPelestarian Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember. <em>Skripsi</em>. Jember: Universitas Jember.<strong></strong></p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 5365 , PDF Downloads: 5256