PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 5 BANJARMASIN

Authors

  • Najwa Syarofa Postgraduate Student in Elementary Program

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p1-20

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui penerapan perangkat pembelajaran berorientasi model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran PPKn subtema keragaman sosial dan budaya masyarakat di kelas V SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) yang mana di ujicobakan pada siswa kelas V SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2018/2019. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (a) Silabus, (b) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (c) Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), (d) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan (e) Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Variabel penelitian yang diukur adalah validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui metode validasi, observasi, dan tes dengan menggunakan rancangan oleh Creswell (2009) posttest-only control group design, dari 44 siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dipilih secara acak atau random assignment. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: dalam uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa secara klasikal pada data posttest yang mana di ukur menggunakan uji normalitas akan tetapi hasil data yang didapat tidak menunjukkan normal, sehingga diberikan uji Mann-Whitney sebagai pembanding nilai posttest antara kelompok kontrol dengan jumlah 22 siswa memiliki nilai ∑rata-rata 11,50 sedangkan pada kelompok eksperimen dengan jumlah 22 siswa memiliki nilai ∑rata-rata 33,50. Hasil hitungan Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Syarat H0 diterima atau ditolak berdasarkan nilai Sig. sebagai berikut apabila Sig. > 0,05 maka H0 diterima, apabila Sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran PPKn.

References

<p>Abdullah, A. G., &amp; Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. <em>Prosiding Universitas Pendidikan Indonesia</em>, 1-10.</p><p>Ahmadi, <em>et al. </em>(2014). Perceived Organizational Support and Employee Engagement. <em>International Journal of Information</em>, <em>1</em>(1), 55-66.</p><p>Akbar, S. (2013). <em>Instrumen Perangkat Pembelajaran</em>. Bandung: Rosdakarya</p><p>Andi Prastowo. (2013). <em>Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar </em><em>Inovatif</em>. Yogyakarta: Diva Press.</p><p>Arends, R I. (2012). <em>Learning to Teach ninth edition. </em>New York : McGraw-Hill.</p><p>Arifin, Z. (2011). <em>Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Arikunto, Suharni. (2012). <em>Statistik I (Teori dan Aplikasi)</em>. Padang. Universitas Negeri Padang.</p><p>Astuti, L. Y., Sutriyono, S., &amp; Pratama, F. W. (2019). Ekperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dan TPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. <em>Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika</em>, <em>3</em>(1), 116-125.</p><p>Azlina, N. A. (2010). CSTLs: Supporting Collaborative Aktivities Among Students and Teacher Through the Use of Think-Pair-Share Techniques. <em>International Journal of Komputer Science Issues</em>, <em>7</em> (5), 18.</p><p>Baroody, A. J. (1993). <em>Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8</em>. New York: Macmillan Publishing Company.</p><p>Barragato, A. (2015). <em>Think/Pair/Share and Variation. An Effective Imlementation Guide for Active Learning and Assessment. </em>USA: FaCIT Michigan University.</p><p>Creswell, John W. (2017). <em>RESEARCH DESIGN Qualitaive, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed)</em>. Third Edition SAGE Publication. (Achmad Fawaid, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p><p>Daryanto, A. D. (2014). <em>Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). </em>Yogyakarta: Gava Media.</p><p>Dewi, W. S., dkk. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontruktivisme Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. <em>JOM (Jurnal Online Mahasiswa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</em>, <em>6 </em>(2).</p><p>Djahiri, A.K. (1996). <em>Dasar-dasar Umum Metodologi dan Pelajaran Nilai dan Moral. </em>Purwakarta: IKIP.</p><p>Djamarah, S. B. (2006). <em>Strategi Belajar Mengajar</em>. Jakarta : PT Rineka Cipta</p><p>Gunter, M. A., Estes, T. H., &amp; Schwab, J. H. (1990). <em>Intruction: A models approach. </em>Boston: Allyn and Bacon, 67.</p><p>Hamdan, R. K. A. (2017). The Effect of (Think-Pair-Share) Strategy on the Achievement of Third Grade Student in Sciences in the Educational District of Irbid. <em>Journal of Education and Practice</em>, <em>8</em>(9), 88-95.</p><p>Hi Usman, A. (2011). Using the Think-Pair-Share Strategy to Improve Speaking Ability of Students at the Islamic Education Department of STAIN Ternate.(Thesis). <em>DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM</em>.</p><p>Husamah, <em>et al</em>. (2013). <em>Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi</em>. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.</p><p>Ibrahim, <em>et al.</em> (2005). <em>Pembelajaran Kooperatif</em>. Surabaya: Unesa University Press.</p><p>Isjoni. (2013). <em>Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). </em>Bandung: Alfabeta.</p><p>Johnson, D.W., <em>et al</em>. (2003). <em>Cooperation in the Classroom</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Joyce and Weil. (2009). <em>Models of Teaching </em>(Model-Model Pengajaran). terj. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.</p><p>Karabacak, K., <em>et al</em>. (2015). Examination of teacher candidates problem solving skills according to several variables. <em>Procedia-Social and Behavioral Sciences</em>, <em>174</em>, 3063-3071.</p><p>Kellough, Richard D. (1996). <em>A Guide to Metods and Resources for Middle School</em> <em>Teaching</em>. English : Prentice Hall.</p><p>Kemendikbud. (2016). <em>Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah</em>. Jakarta: Kemendikbud</p><p>Kemp, J. E. (1989). <em>Planning, producing, and using instructional media. </em>Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.</p><p>Khoiru, A., <em>et al</em>. (2014). <em>Pengembangandan Model Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.</em> Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Kiswati, E. (2016). <em>Efektivitas penggunaan talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V pada materi pokok Fatkhu Makkah di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016</em> (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).</p><p>Kunandar. (2009). <em>Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru</em>. Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Kurniasih, <em>et al.</em> (2015). <em>Ragam Pengembangan Model Pembelajaran</em>. Jakarta: Kata Pena.</p><p>Lasmawan, W. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran E-learning mata kuliah wawasan pendidikan dasar, Telaah kurikulum pendidikan dasar, pendidikian ips Sekolah dasar, perspektif global dan Problematika pendidikan dasar. <em>JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)</em>, <em>4</em>(1).</p><p>Mahmood, <em>et al.</em> (2015). Problem solving method: A method for Independent learning in Mathematics.<em> Hope Journal of Research. 2 </em>(4), 1-13.</p><p>Mulyasa, E. (2005). <em>Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24-29.</p><p>Nasriah, L. (2016). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH. <em>Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah</em>, <em>2</em>(1), 21-26.</p><p>Natalliasari, I. (2013). <em>Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa MTs</em>. Doctoral Dissertation: Universitas Terbuka.</p><p>Nieveen, N., <em>et al</em>. (1999). <em>Design Approaches and Tools in Education and Training</em>. Dordrecht, Netherlands: Spinger, 125-135.</p><p>Parmiti, D. P., &amp; Sulastri, M. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PKn BERPENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI DAN ASESMEN PROYEK PADA SISWA KELAS VIII SMP. In <em>Seminar Nasional Riset Inovatif</em> (Vol. 3).</p><p>Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. <em>Tentang Standar Isi untuk Satiuan Pendidikan Dasar dan Menengah. </em>Jakarta: Depdiknas.</p><p>Pramono, S. E. (2012). Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Pemecahan Masalah dan Diskusi. <em>Paramita: Historical Studies Journal</em>, <em>22</em>(2).</p><p>Prastyo, D. (2018). PENGARUH MODEL PELAJARAN TGT DAN TAI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA PADA POKOK BAHASAN KONSEP PENDIDIKAN IPS. <em>Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</em>, <em>14</em>(26), 96-104.</p><p>Radita, N., Aminah, S., &amp; Kanthi, Y. A. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Diskrit Moda Daring pada Program Studi Teknik Informatika. <em>MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology</em>, <em>3</em>(2), 165-174.</p><p>Ratumanan, T. G, <em>et al</em>. (2011). <em>Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan edisi 2</em>. Bandung: Unesa University Press.</p><p>Rosa, A. G. (2015). <em>PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: eksperimen pada kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016</em> (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).</p><p>Ruminiati. (2007). <em>Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. </em>Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.</p><p>Sanjaya, W. (2008). <em>Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan</em>. Jakarta: Kencana Prenada Media.</p><p>Santoso, P. H. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SMA DALAM PLANNING &amp; CARRYING OUT INVESTIGATION DAN CONSTRUCTING EXPLANATION &amp; DESIGNING SOLUTION PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. <em>Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.</em></p><p>Santrock, J. W. (2009). <em>Psikologi pendidikan educational psychology</em>. Jakarta: Salemba Humanika, 86.</p><p>Saragih, Z. S. (2012). IMPROVING STUDENTSACHIEVEMENT IN WRITING NARRATIVE TEXT THROUGH THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE. <em>TRANSFORM Journal of English Language Teaching and Learning of FBS UNIMED</em>, <em>1</em>(1).</p><p>Silberman, M. L. (2006). <em>Active learning 101 cara belajar siswa aktif</em>. Bandung: Nusamedia.</p><p>Slavin, Robert E. (2011). <em>Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik</em>. Bandung: Nusa Media.</p><p>Sugiarto. (2009). <em>Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri</em>. Yogyakarta: Graha Ilmu.</p><p>Sugiyono. (2016). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D</em><em>.</em> Bandung: PT Alfabeta.</p><p>Suhadi. (2007). <em>Petunjuk Perangkat Pembelajaran. </em>Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.</p><p>Suherman, E. (2003). <em>Evaluasi Pembelajaran Matematika. </em>Bandung: JICA.</p><p>Sujiono, Y. N., dkk. (2005). <em>Metode Pengembangan Kognitif. </em>Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka.</p><p>Sundayana, R. (2014). <em>Statistika penelitian pendidikan</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Suprijono, A. (2016). <em>Model-model Pembelajaran Emansipatori</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p><p>Suprijono, A. (2017). <em>Cooperative Learning, Teori &amp; Aplikasi PAIKEM</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 50-51<em>.</em></p><p>Suriansyah, A., <em>et al</em>. (2014). <em>Strategi pembelajaran</em>. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada</p><p>Susilawati, S. (2014). Implementasi Awal Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Lifeskill Di SMA Kota Semarang. <em>Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains &amp; Matematika</em>, <em>2</em>(1).</p><p>Sutomo, Edi. (2015). <em>Teori Belajar matematika (Brunner, Dienes, Ausubel).</em> Diunduh dari: <span style="text-decoration: underline;">http://www.academia.edu/15746221/Teori_Belajar_ matematika_Brunner_Dienes_Ausubel_ </span></p><p>Tint, S. S., <em>et al</em>. (2015). Collaborative learning with think-pair-share technique. <em>Computer Applications: An International Journal (CAIJ)</em>, <em>2</em>(1), 1-11.</p>Trianto. (2011). <em>Mendesain model pembelajaran inovativ-progresif. </em>

Published

2022-12-25
Abstract views: 1263 , PDF Downloads: 988