PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA DI MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p10-15Keywords:
IPA, keterampilan berpikir kreativitas, PGSDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreativitas mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA yang memprogram mata kuliah Konsep Dasar IPA tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan angket keterampilan berpikir kreativitas, serta teknik analisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman keterampilan berpikir kreativitas dari beberapa mahasiswa juga masih rendah, yaitu fluency (32%), flexibility (29%), dan originality (31%). Oleh karena itu, direkomendasikan pentingnya upaya meningkatkan penguasaan keterampilan berpikir kreativitas mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA untuk menyiapkan kompetensi lulusan yang kreatif dan berkarakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

