PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA DI MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

Authors

  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Wasis Universitas Negeri Surabaya
  • Rudiana Agustini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p10-15

Keywords:

IPA, keterampilan berpikir kreativitas, PGSD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreativitas mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA yang memprogram mata kuliah Konsep Dasar IPA tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan angket keterampilan berpikir kreativitas, serta teknik analisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman keterampilan berpikir kreativitas dari beberapa mahasiswa juga masih rendah, yaitu fluency (32%), flexibility (29%), dan originality (31%). Oleh karena itu, direkomendasikan pentingnya upaya meningkatkan penguasaan keterampilan berpikir kreativitas mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA untuk menyiapkan kompetensi lulusan yang kreatif dan berkarakter.

Published

2022-12-25
Abstract views: 210 , PDF Downloads: 211