LITERASI DIGITAL: KOMPETENSI MENDESAK PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Suryanti Suryanti Universitas Negeri Surabaya
  • Lina Wijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p1-9

Abstract

Selain memasuki era globalisasi dengan dimulainya MEA (Masyarakata Ekonomi Asia) dan gencarnya kehidupan abad 21, dunia saat ini mengalami perubahan supercepat yang ditandai dengan era baru atau disebut sebagai era revolusi industri 4.0. Era ini ditandai dengan pergerakan teknologi yang cepat dan masif dengan dapat mendisrupsi semua aspek kehidupan manusia. Manusia harus mempunyai kompetensi yang tinggi untuk dapat bertahan. Kompetensi yang tinggi tersebut tentu menjadi perhatian khusus bagi pendidikan sebagai garda utama pengembangan kompetensi. Salah satu komponen yang paling penting dalam bidang ini tentu pendidik. Seorang pendidik di era ini dituntut dapat menjadikan para digital native (anak yang menganal teknologi sejak lahir) sebagai manusia yang tak akan kalah dan salah dalam mengambil langkah dan dalam pemanfaatan teknologi yang ada mengingat bahwa selain manfaat yang besar, teknologi cukup mengancam perkembangan peserta didik. Pendidik harus mampu melakukan seleksi dan saringan teknologi serta menyisipkan nilai dalam penbelajaranya dengan literasi digital. Sehingga, tentu hal ini menjadi perhatian khusus agar pendidik mempunyai kompetensi literasi digital ini.

Published

2022-12-25
Abstract views: 2106 , PDF Downloads: 1993