LITERASI DIGITAL: KOMPETENSI MENDESAK PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p1-9Abstract
Selain memasuki era globalisasi dengan dimulainya MEA (Masyarakata Ekonomi Asia) dan gencarnya kehidupan abad 21, dunia saat ini mengalami perubahan supercepat yang ditandai dengan era baru atau disebut sebagai era revolusi industri 4.0. Era ini ditandai dengan pergerakan teknologi yang cepat dan masif dengan dapat mendisrupsi semua aspek kehidupan manusia. Manusia harus mempunyai kompetensi yang tinggi untuk dapat bertahan. Kompetensi yang tinggi tersebut tentu menjadi perhatian khusus bagi pendidikan sebagai garda utama pengembangan kompetensi. Salah satu komponen yang paling penting dalam bidang ini tentu pendidik. Seorang pendidik di era ini dituntut dapat menjadikan para digital native (anak yang menganal teknologi sejak lahir) sebagai manusia yang tak akan kalah dan salah dalam mengambil langkah dan dalam pemanfaatan teknologi yang ada mengingat bahwa selain manfaat yang besar, teknologi cukup mengancam perkembangan peserta didik. Pendidik harus mampu melakukan seleksi dan saringan teknologi serta menyisipkan nilai dalam penbelajaranya dengan literasi digital. Sehingga, tentu hal ini menjadi perhatian khusus agar pendidik mempunyai kompetensi literasi digital ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

