Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p37-43Keywords:
pendekatan saintifik, karakter, rasa ingin tahu, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan karakter rasa ingin tahu kelas III di SD Amaliah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pre-experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Amaliah dengan jumlah 46 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket karakter rasa ingin tahu siswa yang diberikan pretest dan postest. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji empiris sedangkan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach sebesar 0,72. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, baik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SD Amaliah Bogor diketahui perbedaan rata-rata karakter rasa ingin tahu siswa menggunakan analisis paired samples test, nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05 maka dapat diambil simpulan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap karakter rasa ingin tahu siswa. Pembuktian data karakter rasa ingin tahu mengalami peningkatan, yakni rata-rata karakter rasa ingin tahu siswa pada pretest sebesar 23,00 meningkat menjadi 25,04 pada postest. Dengan demikian, penerapan pendekatan saintifik dapat berpengaruh positif terhadap karakter rasa ingin tahu siswa.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

