Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p37-43Keywords:
pendekatan saintifik, karakter, rasa ingin tahu, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan karakter rasa ingin tahu kelas III di SD Amaliah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pre-experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Amaliah dengan jumlah 46 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket karakter rasa ingin tahu siswa yang diberikan pretest dan postest. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji empiris sedangkan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach sebesar 0,72. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, baik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SD Amaliah Bogor diketahui perbedaan rata-rata karakter rasa ingin tahu siswa menggunakan analisis paired samples test, nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05 maka dapat diambil simpulan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap karakter rasa ingin tahu siswa. Pembuktian data karakter rasa ingin tahu mengalami peningkatan, yakni rata-rata karakter rasa ingin tahu siswa pada pretest sebesar 23,00 meningkat menjadi 25,04 pada postest. Dengan demikian, penerapan pendekatan saintifik dapat berpengaruh positif terhadap karakter rasa ingin tahu siswa.Downloads
Published
2022-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal