PEMANFAATAN MEDIA PJOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD/MI DI SURABAYA

Authors

  • Budiyono Budiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Purwanto Purwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p15-37

Keywords:

PJOK, Matematika, karakter, Siswa

Abstract

Pembelajaran Matematika, baik Bilangan maupun Geometri dan Pengukuran di satuan Pendidikan menuntut atau Membutuhkan suatu Kreatifitas yang tinggi dari para Guru sehingga pembelajaran itu mampu menyesuaikan terhadap tuntutan Perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan.Dengan Memanfaatkan Media PJOK Dalam Pembelajaran Matematika, dalam hal ini “Geometri dan Pengukuran” Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI di Surabaya mampu Menyadarkan Guru dan Peserta didik bahwa Lingkungan hidupnya banyak sumber Ilmu yang sangat baik untuk baca (dipelajari). Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dengan memanfaatkan fasilitas PJOK sebagai Media Environment tsb dimaknai sebagai usaha untuk menumbuh kembangkan “Sikap Kepribadian melalui pembiasaan yang positif, seperti: Tanggungjawab, Kedisiplinan dan Kerja keras dengan tepat waktu, kemandirian, memiliki Empati sehingga mampu mengembangkan Kerjasama dalam memperoleh Ilmu Pengetahuan dan Ketrampil yang baik”.Penelitian ini Menggunakan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Diskriptif dalam Menganalisa dan menterjemahkan seluruh Proses dan hasil Pembelajaran. Hasil Penelitian Pembelajaran Matematika (Geometri) dengan Memanfaatkan Fasilitas PJOK di SD/MI Wilayah Surabaya tersebut dapat didiskripsikan sbb: 

  1. Proses Pembelajarannya yang dilakukan di SDN Lidahwetan Dua (2) sangat menarik bagi Peserta didik.
  2. Pembelajaran dengan Memanfaatkan Fasilitas PJOK yang dilakukan oleh Guru (Peneliti) mampu memberi berkal Kepada Peserta didik, dalam hal:
  3. Tumbuh kembangnya Karakter “Tanggungjawab, Empati dan Kerjasama, Disiplin dan Kejujuran.
  4. Pemahaman Ilmu Pengetahuan yang baik dan benar tentang Geometri dan Pengukuran.
  5. Ketrampilan yang Komprehensif dan baik sehingga siap untuk melanjutkan kepada jenjang Pendidikan yang lebih tinggi.

Kesimpulan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media pjok sangat menarik dan mampu menumbuh kembangkan minat belajar peserta didik sehingga mereka memiliki karakter, ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang baik.

Published

2022-12-25
Abstract views: 170 , PDF Downloads: 244