PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENGAJARKAN KARAKTER SANTUN DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p5-14Keywords:
Pendidikan Karakter, permainan, media sosial, santunAbstract
Fakta menunjukkan bahwa pengguna internet dan media sosial di Indonesia didominasi oleh kelompok usia anak-anak dan remaja. Pengguna internet memiliki kecenderungan untuk mengakses media sosial yang lebih tinggi daripada mengakses hiburan, berita, pendidikan, komersial, dan layanan publik. Media sosial berbasis internet adalah distribusi informasi tercepat dan tecepat, sehingga kemungkinan perilaku buruk menjadi cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan kesantunan dalam interaksi media perilaku sosial, terutama untuk remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur penelitian, yaitu penilaian dan evaluasi kritis dan mendalam dari penelitian yang ada untuk membuat bentuk baru atau mengusulkan metode baru yang terkait dengan masalah. Berdasarkan tinjauan pustaka dan diskusinya, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dapat ditanamkan pada remaja untuk karakter sopan dalam menggunakan media sosial melalui video game game. Bimbingan orang tua perlu dilakukan untuk menghindari aktivitas buruk dalam penggunaan media sosial dan permainan video sekaligus
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

