PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENGAJARKAN KARAKTER SANTUN DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Dyan Eka Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Sukarman Sukarman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p5-14

Keywords:

Pendidikan Karakter, permainan, media sosial, santun

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa pengguna internet dan media sosial di Indonesia didominasi oleh kelompok usia anak-anak dan remaja. Pengguna internet memiliki kecenderungan untuk mengakses media sosial yang lebih tinggi daripada mengakses hiburan, berita, pendidikan, komersial, dan layanan publik. Media sosial berbasis internet adalah distribusi informasi tercepat dan tecepat, sehingga kemungkinan perilaku buruk menjadi cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan kesantunan dalam interaksi media perilaku sosial, terutama untuk remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur penelitian, yaitu penilaian dan evaluasi kritis dan mendalam dari penelitian yang ada untuk membuat bentuk baru atau mengusulkan metode baru yang terkait dengan masalah. Berdasarkan tinjauan pustaka dan diskusinya, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dapat ditanamkan pada remaja untuk karakter sopan dalam menggunakan media sosial melalui video game game. Bimbingan orang tua perlu dilakukan untuk menghindari aktivitas buruk dalam penggunaan media sosial dan permainan video sekaligus

Published

2022-12-25
Abstract views: 192 , PDF Downloads: 250