PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENGAJARKAN KARAKTER SANTUN DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p5-14Keywords:
Pendidikan Karakter, permainan, media sosial, santunAbstract
Fakta menunjukkan bahwa pengguna internet dan media sosial di Indonesia didominasi oleh kelompok usia anak-anak dan remaja. Pengguna internet memiliki kecenderungan untuk mengakses media sosial yang lebih tinggi daripada mengakses hiburan, berita, pendidikan, komersial, dan layanan publik. Media sosial berbasis internet adalah distribusi informasi tercepat dan tecepat, sehingga kemungkinan perilaku buruk menjadi cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan kesantunan dalam interaksi media perilaku sosial, terutama untuk remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur penelitian, yaitu penilaian dan evaluasi kritis dan mendalam dari penelitian yang ada untuk membuat bentuk baru atau mengusulkan metode baru yang terkait dengan masalah. Berdasarkan tinjauan pustaka dan diskusinya, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dapat ditanamkan pada remaja untuk karakter sopan dalam menggunakan media sosial melalui video game game. Bimbingan orang tua perlu dilakukan untuk menghindari aktivitas buruk dalam penggunaan media sosial dan permainan video sekaligus
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal