Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Percaya Diri
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p44-63Keywords:
Learning MethodAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment yang layak dan menguji efektivitas modul untuk meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas 2. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan Borg & Gall. Uji coba lapangan dilakukan di SD Plus Darul Ulum dengan memberikan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment kepada 6 siswa dan 1 guru. Uji coba lapangan terdiri dari 30 siswa kelas 2A dan 1 guru. Uji coba produk operasional diujicobakan pada kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa kelas 2B dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 siswa kelas 2C. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan sampel independen t test dengan tingkat signifikasi 0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dikategorikan oleh ahli materi "baik", dan ahli modul pembelajaran dengan ketegori "sangat baik". Ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dengan p < 0,05, dan juga ada peningkatan yang signifikan, dengan p = 0,0000. Hasil observasi percaya diri kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Kata kunci: modul pembelajaran, tematik integratif, edutainment
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

