Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Percaya Diri

Authors

  • Dya Ayu Agustiana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p44-63

Keywords:

Learning Method

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment yang layak dan menguji efektivitas modul untuk meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas 2. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan Borg & Gall. Uji coba lapangan dilakukan di SD Plus Darul Ulum dengan memberikan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment kepada 6 siswa dan 1 guru. Uji coba lapangan terdiri dari 30 siswa kelas 2A dan 1 guru. Uji coba produk operasional diujicobakan pada kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa kelas 2B dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 siswa kelas 2C. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan sampel independen t test dengan tingkat signifikasi 0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dikategorikan oleh ahli materi "baik", dan ahli modul pembelajaran dengan ketegori "sangat baik". Ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dengan p < 0,05, dan juga ada peningkatan yang signifikan, dengan p = 0,0000. Hasil observasi percaya diri kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Kata kunci: modul pembelajaran, tematik integratif, edutainment

Author Biography

Dya Ayu Agustiana, Universitas Negeri Yogyakarta

Basic Education

Published

2022-12-25
Abstract views: 201 , PDF Downloads: 163