Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Percaya Diri
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p44-63Keywords:
Learning MethodAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment yang layak dan menguji efektivitas modul untuk meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas 2. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan Borg & Gall. Uji coba lapangan dilakukan di SD Plus Darul Ulum dengan memberikan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment kepada 6 siswa dan 1 guru. Uji coba lapangan terdiri dari 30 siswa kelas 2A dan 1 guru. Uji coba produk operasional diujicobakan pada kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa kelas 2B dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 siswa kelas 2C. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan sampel independen t test dengan tingkat signifikasi 0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dikategorikan oleh ahli materi "baik", dan ahli modul pembelajaran dengan ketegori "sangat baik". Ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dengan p < 0,05, dan juga ada peningkatan yang signifikan, dengan p = 0,0000. Hasil observasi percaya diri kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Kata kunci: modul pembelajaran, tematik integratif, edutainment
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal