Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34

Keywords:

Pendidikan Karakter, Karakter Religius

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sample sejak awal. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru dan siswa. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasi dan kesimpulan (conclusions drowing/verifiying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, dependabilitas, uji corfirmabilitas dan Prolonged Engagement. Hasil penelitian yang berjudul implementasi pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya melalui metode pembisaan yang terdiri dari kegiatan religius yaitu mengucapkan salam dengan berjabat tangan (mencium tangan guru), berdoa sentral sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dhuha bersama, tartil Al-Quran kemudian melaksanakan sholat duhur berjamaah dll.

Author Biographies

Dari Ansulat Esmael, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA (UNUSA)

S1 PGSD

Nafiah Nafiah, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA (UNUSA)

S1 PGSD

References

<p>Amri dkk. (2011). <em>Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.</em> Jakarta: Prestasi Pustaka.</p><p>Arikunto, S. (2010). <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.</em> Jakarta: PT Rineka Cipta.</p><p>Asra Irawan Purwoto. (2014). <em>Metode Penelitian Survei.</em> Bogor: IN Media.</p><p>Aulia, L. R. (2016). <em>Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta.</em> Yogyakarta: Kebijakan Pendidikan.</p><p>Bungin, B. (2018). <em>Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.</em> Cimanggis: Prenada Media Group.</p><p>Ghony dan Almanshur. (2017). <em>Metodologi Penelitian Kualitatif.</em> Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.</p><p>Hariwijaya. (2007). <em>Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora.</em> Yogyakarta: Academy Ilmu.</p><p>KEMENDIKBUD, R. (2018). <em>Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.</em> Infograpis.</p><p>Kurniawan. (2017). <em>Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan keluarga, Sekolah, </em><em>Perguruan Tinggi dan Masyarakat.</em> Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Machin, A. (2014). <em>Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan.</em> Bandung: NNES.</p><p>Muchlas dan Hariyanto. (2012). <em>Konsep dan Model Pendidikan Karakter.</em> Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Mukhafidah. (2018). <em>Gambaran Internalisasi Karakter Disiplin Melalui Scouting Methode Pada Kelompok Penggalang Di SD Taquma Surabaya.</em> Surabaya: Universitas NU Surabaya.</p><p>Sanjana, W. (2013). <em>Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur.</em> Jakarta: Prenada Media Group.</p><p>Sugiyono. (2014). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaalitatif dan R&amp;D.</em></p><p>Sugiyono. (2016). <em>Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R&amp;D).</em> Bandung: Anggota Ingkatan Penerbit Indonesia.</p><p>Sulhan, N. (2011: 05). <em>Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa.</em> Surabaya: Jawa Post.</p><p>Yusuf. (2013: 05). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nili. <em>Al-Ulum</em>, 1-24.</p><p>Zahroa, Sumardib, Marjono. (2017: 02). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. <em>Historica</em>, 11.</p>

Published

2019-11-20
Abstract views: 3075 , PDF Downloads: 12812