MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENURUT TEORI POLYA BERBANTUAN CANVA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tiara Nur Fatma Mahasiswa
  • Sulthon Masyhud
  • Ridho Alfarisi

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p208-224

Keywords:

mathematics module, Polya’s problem solving theory, validity, effectiveness, practicality

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa. Faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran matematika tidak efektif danrhasil belajar siswa tidak optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva yang valid, efektif, dan praktis untuk mengefektifkan pembelajaran matematika. Desain penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (RnD) Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji validitas produk yang diperoleh dari skor validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi memperoleh skor 88,67% dengan kategori sangat layak. Keefektifan modul diperoleh dari pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol yang menggunakan independent sample t-test diperoleh t- hitung 9,90 lebih besar dari t-tabel 1,697 maka produk modul dinyatakan lebih efektif dari buku paket siswa sebelumnya. Hasil uji keefektifan relatif modul sebesar 73,25% tergolong keefektifan tinggi. Berdasarkan angket respon siswa uji kepraktisan modul memperoleh skor 88,22% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaranrmatematika materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri.

References

Astuti, Sri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Model Polya Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Barisan Bilangan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Probolinggo. Thesis. Universitas Terbuka.

Dewi,D., Khodijah, S.,& Zanthy,L. 2020. Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.31004/cendeki a.v4i1.148

Direktorat Jendral Pengembangan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. 2008. Penulisan Modul. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org

Fauza Adrina, Napitupulu E. Elvis, Khairani Nerli. 2020. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pembelajaran Ekspositori. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 13, No 2. https://doi.org/10.24114/paradik ma.v13i3.22918

Hijrah, Lailatul., Muhammad Fikry Arransyah, Khanaya Putri, Novia Arija, Rini Kurniawati Putri. 2021. Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Jurnal Plakat. Volume 3 No. 1 Juni 2021.http://dx.doi.org/10.30872/p lakat.v3il.5849

Janawi. 2013. Metodologi dan Pedekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak. ISBN: 978-602- 258-056-9

Kemendikbud. 2017. Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lasmiyati, L., & Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatka Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.

Masyhud, M. Sulthon. 2021. Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru dan Praktisi Pendidikan (7th ed.). Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Megawati, Y. P., khaq, M. ., & Ratnaningsih, A. 2023. Modul Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Polya Pada Kelas V Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.364

OECD. 2020. PISA 2018 Results (Volume VI). Paris: OECD Publishing. Permendiknas No. 22 Tahun 2006.

Polya, G. 2004. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.

Purwanto, Rahardi, Aristo,. & Lasmono, Suharto. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas. ISBN: 978-979-3322-40- 4-7

Saputri, V., Nurdiana, A. ., & Partasiwi, N. 2021. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1–14.https://www.stkippgribl.ac.id/es kripsi/index.php/matematika/arti cle/view/81

Setiawan, Ezra Putranda. 2021. Literasi Statistika dalam Kurikulum Matematika Sekolah Dasar (SD) 2004-2020: Tinjauan Historis dan Pengembangannya. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 6, Nomor 1, Juni 2021. DOI 10.24832/jpnk.v6i1.1915

Tambunan, L., & Tambunan, J. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1636-1647.

Triningsih, D.E. 2021. Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128-144. https://doi.org/10.30957/cendeki a.v15i1.667

Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402-3416.https://doi.org/10.31004/cen dekia.v6i3.1884

Untari, Dhian Tyas. 2020. Buku Ajar Statistik 1. Purwokerto : CV. Pena Persada.

Wahyudi dan Anugraheni, Indri. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga : Satya Wacana University Press. ISBN: 978-602-1047-78-1

Yohanie, D.D. and Samijo, S. 2019. Pengembangan modul berdasarkan pemecahan masalah polya pada mata kuliah analisis vektor. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5,2(Nov.2019), 172-181.https://doi.org/10.29407/jmen.v5i 2.13692

Zahriah M. Hasan,. Zulkarnain Jalil. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.04, No.01, hlm. 166-177, 2016

Downloads

Published

2023-11-30
Abstract views: 259 , PDF Downloads: 200