MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GRAVITASI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p197-207Keywords:
youtube media, natural science, learning outcomes, earth's gravityAbstract
Studi ini adalah bentuk respons terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah saat aktivitas pembelajaran. Kurangnya suasana pembelajaran yang menyenangkan akan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru menggunakan metode pembelajaran konvensional dan menggunakan media power point, sehingga para siswa cenderung bosan dan kurang memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan guru. Studi ini dilakukan sebagai upaya mengidentifikasi dampak dari media youtube pada hasil pembelajaran IPA materi gravitasi bumi kelas IV sekolah dasar. Studi ini termasuk dalam kategori eksperimen semu (quasi-experimental) dengan posttest only control group design serta mengadaptasikan pendekatan kuantitatif. Para siswa kelas IV A dan IV B di salah satu Sekolah Dasar yang berada di Surabaya dengan jumlah 20 siswa pada tiap masing-masing kelas. Data dan informasi yang dipakai didapat melalui observasi serta tes. Berikutnya data akan dianalisis dengan mengimplementasikan beberapa teknik pengujian statistik yaitu normalitas homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t. Digunakan posttest only control group design dengan menggunakan software SPSS versi 22. Temuan analisis yang dilakukan memperlihatkan jika perolehan nilai t hitung atau data post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol hasil belajar siswa signifikansi < 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar (0.019). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media youtube terhadap hasil belajar IPA materi gravitasi bumi kelas IV Sekolah Dasar.
References
Achmad Baihaqi, A. M. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana, 77.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.
Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81-97.
https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160.
Bugiardo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net-Generation. Elex Media Komputindo. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57
Fatimah, S. (2020). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–
https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Margono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: PT Rineka Cipta. Jakarta. Nurrahmah, Arfatin, dkk. Pengantar Statistika 1. Kota Bandung-Jawa Barat: CV.
Media Sains Indonesia, 2021.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing
Rahmasari, H. (2020). Penggunaan media YouTube sebagai solusi media pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23-41.
Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran Ips.
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan Pkn, 2(1), 7–12.
Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kwangsan, 7(1), 286906.
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. Https://Doi.Org/10.35334/Jpmb.V1i2.298
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal