MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GRAVITASI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p197-207Keywords:
youtube media, natural science, learning outcomes, earth's gravityAbstract
Studi ini adalah bentuk respons terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah saat aktivitas pembelajaran. Kurangnya suasana pembelajaran yang menyenangkan akan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru menggunakan metode pembelajaran konvensional dan menggunakan media power point, sehingga para siswa cenderung bosan dan kurang memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan guru. Studi ini dilakukan sebagai upaya mengidentifikasi dampak dari media youtube pada hasil pembelajaran IPA materi gravitasi bumi kelas IV sekolah dasar. Studi ini termasuk dalam kategori eksperimen semu (quasi-experimental) dengan posttest only control group design serta mengadaptasikan pendekatan kuantitatif. Para siswa kelas IV A dan IV B di salah satu Sekolah Dasar yang berada di Surabaya dengan jumlah 20 siswa pada tiap masing-masing kelas. Data dan informasi yang dipakai didapat melalui observasi serta tes. Berikutnya data akan dianalisis dengan mengimplementasikan beberapa teknik pengujian statistik yaitu normalitas homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t. Digunakan posttest only control group design dengan menggunakan software SPSS versi 22. Temuan analisis yang dilakukan memperlihatkan jika perolehan nilai t hitung atau data post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol hasil belajar siswa signifikansi < 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar (0.019). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media youtube terhadap hasil belajar IPA materi gravitasi bumi kelas IV Sekolah Dasar.
References
Achmad Baihaqi, A. M. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana, 77.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.
Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81-97.
https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160.
Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57
Fatimah, S. (2020). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Margono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: PT Rineka Cipta. Jakarta. Nurrahmah, Arfatin, dkk. Pengantar Statistika 1. Kota Bandung-Jawa Barat: CV.
Media Sains Indonesia, 2021.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing
Rahmasari, H. (2020). Penggunaan media YouTube sebagai solusi media pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23-41.
Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran Ips.
Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kwangsan, 7(1), 286906.
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. Https://Doi.Org/10.35334/Jpmb.V1i2.298
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

