MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nailus Saadah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Rachmadtullah
  • Suharni Suharni

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p120-131

Keywords:

guided note taking, keterampilan menyimak, Guided note taking; listening skill

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa dalam keterampilan menyimak saat ini sangat memprihatinkan. Keterampilan menyimak menjadi tidak dianggap penting dibandingkan dengan keterampilan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan jenis Posttest-Only, Non-Equivalent Control Group Design. sedangkan partisipan penelitian ini seluruh siswa kelas III. Teknik pengambilan data menggunakan tes berupa soal essay. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Guided Note Taking terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar.

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Andriani, A. (2018). Penerapan Teknik Guided Note Taking dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Drama. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 88. https://doi.org/10.35329/fkip.v13i2.106

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6284

Susiawan, I. K., Pudjawan, K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Strategi Guoded Note Taking Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Desa Sari Mekar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Saadah, N., Irianto, A., Rachmadtullah, R., & Suharni, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 120–131. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p120-131
Abstract views: 533 , PDF Downloads: 598