MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p120-131Keywords:
guided note taking, keterampilan menyimak, Guided note taking; listening skillAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa dalam keterampilan menyimak saat ini sangat memprihatinkan. Keterampilan menyimak menjadi tidak dianggap penting dibandingkan dengan keterampilan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan jenis Posttest-Only, Non-Equivalent Control Group Design. sedangkan partisipan penelitian ini seluruh siswa kelas III. Teknik pengambilan data menggunakan tes berupa soal essay. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Guided Note Taking terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar.
References
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Andriani, A. (2018). Penerapan Teknik Guided Note Taking dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Drama. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 88. https://doi.org/10.35329/fkip.v13i2.106
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838
Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6284
Susiawan, I. K., Pudjawan, K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Strategi Guoded Note Taking Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Desa Sari Mekar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

