MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nailus Saadah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Rachmadtullah
  • Suharni Suharni

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p120-131

Keywords:

guided note taking, keterampilan menyimak, Guided note taking; listening skill

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa dalam keterampilan menyimak saat ini sangat memprihatinkan. Keterampilan menyimak menjadi tidak dianggap penting dibandingkan dengan keterampilan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan jenis Posttest-Only, Non-Equivalent Control Group Design. sedangkan partisipan penelitian ini seluruh siswa kelas III. Teknik pengambilan data menggunakan tes berupa soal essay. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Guided Note Taking terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar.

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Andriani, A. (2018). Penerapan Teknik Guided Note Taking dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Drama. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 88. https://doi.org/10.35329/fkip.v13i2.106

Asmara, Y., & Egok, A. S. (2022). Penerapan Strategi Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Beringin. LJESE: Linggau Journal of Elementary …, 2(2), 107–114. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/267%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/download/267/200

Farhrohman. (2017). 412-Article Text-1154-1-10-20180219. 23–34.

Hartani, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media Cd Cerita Pada Siswa Kelas V Sd 1 Mejobo Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 17–38. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1), 17–24.

Helga, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas Vi-B Melalui Penggunaan Media Audio ( Tape – Recorder ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Ganjil Sd Negeri 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pelajaran 2018/20. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 82. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.82-87

Hidayat, O. R., & Utami, Y. F. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guide Note Taking (GNT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i1.1108

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6284

Lestari, A. P. I. Y., Kristiantari, M. G. R., & Suniasih, N. W. (2020). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas I SD pada Keterampilan Menyimak Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27419

Martuti, R. (2018). Keefektifan Strategi Guided Note Taking Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas Iv Sd. 210–217.

Muttaqin, Z., Hanum, L., & Nazar, M. (2020). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Reaksi Reduksi - Oksidasi Sebagai Sumber Belajar Kelas X MAN 2 Aceh Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, 4(2), 17–26.

Nasariyah, K., Helminsyah, & al fuad, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Kelas IV SD Negeri Tanah Bara. 2(1), 1–15.

Nisfi, L., & Ismawati, P. (2018). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Peserta Didik Kelompok B di RA Baitussa’adah Sadengrejo Rejoso Pasuruan. PROCEEDING: The Annual …. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/174%0Ahttp://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/download/174/156

Novianti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Bireun. Jurnal Studi Matematika, 3(2), 17–21.

Putra, A., Srirahmawati, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Yapis Dompu, S. (2022). JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia 80 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional Pengaruh Model Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Agustus, 1(2), 80–86. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji

S, M., & Purek Loli, M. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(1), 21–28. https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990

Samitra, D., Krisnawati, Y., & Malasari, N. (2018). Pengaruh Model Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. 1, 1–10.

Susiawan, I. K., Pudjawan, K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Strategi Guoded Note Taking Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Desa Sari Mekar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Downloads

Published

2023-11-18
Abstract views: 203 , PDF Downloads: 205