PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Selia Iren Vonica Universitas Jember
  • Sulthon Masyhud Universitas Jember
  • Ridho Alfarisi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p182-196

Keywords:

Creative Problem Solving, Tangram, Creative Thinking

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa telah menjadi aspek yang penting pada pembelajaran matematika di abad 21. Meningkatkan kreativitas siswa menjadi salah satu urgensi bagi guru, salah satu caranya adalah dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dari segi model dan media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pola non-equivalent control group design. Data penelitian didapatkan dari hasil pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil observasi kegiatan siswa di kelas. Hasil penelitian menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 8,993 > 2,004. Hasil menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model Creative Problem Solving berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

References

Appulembang, Y. A. 2017. Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creativity Thinking Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1): 41-57.

Arifah, N., dan M. Asikin 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-Ended. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan Semarang: Universitas Negeri Semarang: 441-446.

Asinar, S. 2017. Mengenal Geometri Bidang Datar. Edisi Pertama. Jakarta: Mediantara Semesta.

Brookfield. 1987. Developing Thinking. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Farihah, U. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Edisi Pertama. Yogyakarta: Lintas Nalar.

Ginting, E., E.S. Purwanto., A. Faradillah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(2).

Hanafie, N. K., H. F. Amin. 2018. Bakat dan Kreativitas Pembelajar. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Makassar: 334-451.

Handayani, P. 2019. Keefektifan Project Based Learning (PjBL) Bermuatan Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Disertasi. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Hestika, S., Zulkifli, H. Nufus. 2021. Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Journal for Research in Mathematics Learning, 4(1): 29-40.

Hobri., Susanto, I. A. Kristiana, E. Waluyo, R. Alfarisi, S. H. Budi, dan I. M. Helmi. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

Israk'atun., dan R. Amelia. 2019. Model-Model Pembelajaran Matematika. Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jusmawati., Satriawati, Iman, A. Rahman, dan N. Arsyad. 2021. Buku Ajar Matematika Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Yogyakarta: Nuta Media.

Marvida, T. 2020. Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Seven in One pada Kelas IV MIN 46 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Masganti., Khadijah, F. Nasution, S. Wahyuni, dan Rohani. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana.

Masyhud, M. Sulthon. 2021. Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan.

McGroger, D. 2007. Development Thinking Developing Learning A Guide to Thinking Skills in Education. New York: Open University Press.

Mufti, N. N., H. O. Pranata, dan R. M. Wahid 2020. Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1): 93-99.

Munandar, U. 2014. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nayan, D. D. 2019. Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Nurlaela, L. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nuryadi. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: Gramasurya.

Ovan. 2022. Landasan Filsafat Matematika. Makassar: Cahaya Harapan.

Partayasa, W., P. G. Suharta, dan N. Suparta. 2020. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(2): 168-179.

Kemendikbud. 2022. Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Read, C. R. 1965. Tangrams 330 Puzzles. USA: Dover Publications.

Rolia., Rosmaiyadi, dan N. Husna. 2020. Pengaru Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Program Linier Kelas XI SMK. VOX Edukasi, 8(2): 72-82.

Safitri, T., dan R. Amini. 2020. Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas III SD. Journal of Basic Education Studies. 3(2): 332-344.

Santrock, W. J. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiff dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Togrol, A. Y. 2012. Studies of the Turkish from of the Test for Creative Thinking-Drawing Production. Creative Education Scientific Research, 8(3): 1326-1331.

Yanti, S. M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Kuta. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2): 90-99.

Downloads

Published

2023-11-29
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 210