PENGARUH MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA PAPAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p163-170Keywords:
Project Based Learning Models, Question Card Board Medium, Learning OutcomesAbstract
Latar belakang penelitain ini adalah guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatof. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penelitian dengan judul Pengaruh Model PjBL Berbantuan Media Papan Question Card terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Karakteristik Individu Kelas II SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sample yang digunakan yakni purposive sampling dari kelas II-B dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS 26, didapatkan hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel. Artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantuan media papan question card, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 muatan PKn pada pretest dan posttest. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model Porject Based Learning berbantuan media papan question card berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1288
Amandhanie, L. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Jaring - Jaring Makanan Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Ariska, J. 2017. Pengaruh Model Pemblejaran Stidesst Facilitator and Explaining Terhadap Prestasi Siswa Kelas X Busana Butik Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana Di SMKN 1 Depok. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Fanani, A., Azmy, B., & Kusmaharti, D. 2021. Pengembangan Pembelajaran Sekolah dasar. Adi Buana University Press.
Hermita, N., Ramadhani, E., & Fakhrudin, A. (2023). Efektifitas Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN 137 Palembang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 202-210.
Kusumawati, N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. 2018. Bukan Kelas Biasa: teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Kekata Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/BUKAN_KELAS_BIASA/JKJoDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+pembelajaran+adalah&printsec=frontcover
Masturi, Wulandari, A. R., & Fakhriyah, F. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. In Si Buku Makassar (Vol. 2, Issue 1).
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., & Mawati, A. T. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Putri, F. P. W., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. 2021. Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.356
Ramadhani, R., Hamid, M. A., & Juliana, M. 2020. Media Pembelajaran. Kita Menulis.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wulandari, M. P. 2020. Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Universitas Pasundan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal