PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ISPRING SUITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Jember
  • Nuriman Nuriman Universitas Jember
  • Kendid Mahmudi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p155-162

Keywords:

Discovery Learning, Critical Thinking, Ispring Suite

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model discovery learning berbasis ispring suite terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimental menggunakan quasi experimental, dalam bentuk non equivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kanigaran 3 Probolinggo. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA yang terdiri dari 29 siswa dan kelas B terdiri dari 30 siswa. Hasil uji homogenitas menyatakan bahwa kedua kelas tersebut homogen dengan nilali sebesar diperoleh nilai sebesar 0,591 pada taraf signifikansi 0,05. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda yang telah mengandung kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil dari penelitian ini dilihat dari nilai perbedaan nilai pretest dan posttest. Pretest dilaksanakan sebelum pemberian perlakuan, sedangkan posttest dilaksanakan setelah pemberian perlakuan. Hasil dari penelitian ini diukur melalui uji-t, diperoleh nilai yaitu 4,903 1,672. Uji keefektifan relatifnya diperoleh nilai 52% masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning berbasis ispring suite terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V materi perubahan wujud benda.

References

Aprilianingrum, D., dan K. W. Wardani. 2021. Meta analisis : komparasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Basicedu. 5(2) : 1006-1017.

Astari, F. A., Suroso, dan Yustinus. 2018. Efektifitas penggunaan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD. Jurnal Basicedu. 2(1) : 1-10.

Hayyuningtyas, K., dan H. H. Batubara. 2021. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Power Point dan Ispring di android untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran IPA di kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. 3(1) : 61-69.

Larasati, D. A. 2020. Pengaruh model Discovery Learning berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 11(1) : 39-47).

Mahartania, S. Q. G., Nuraini, N. L. S., dan Ahdhianto, E. 2021. Pengembangan multimedia interaktif matematika berbasis Ispring materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan. 1(6) : 430-439.

Masyhud, S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Jember : Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMK).

Muslihudin, A. 2019. Implementasi model Discovery Learning berbantuan video dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia. 2(1) : 74-86.

Natalia, D., Nuriman, dan Agustiningsih. 2022. Pengaruh pembelajaran model discovery berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif tema indahnya keberagaman di negeriku kelas IV SDN Gebang 3. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(2) : 147-153.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-29
Abstract views: 121 , PDF Downloads: 96