PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 PISANG KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Orenta Ayu Retnani PGSD Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Dewi Kumala Ningrum SD Negeri 2 Pisang Kabupaten Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p143-154

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Pisang Kabupaten Nganjuk membuat peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal dan tujuan penulisan ini untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penumpulan informasi yang digunakan meliputi penggunaan lembar aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus 2 dengan taraf 73,75% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2. Aktivitas peserta didik sebesar 71% pada siklus 1 dan 86% pada siklus 2. Dari data hasil belajar peserta didik diperoleh ketuntasan sebesar 73,9% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Dari data hasil penelitian, jumlah rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi mulai siklus I sampai siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal yang signifikan yaitu 26,1%, sehingga di peroleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Pisang Kabupaten Nganjuk.

References

Haryati. 2019. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Bayumi, dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish.

Purba, Mariati. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Moningka, Clara. 2022. Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi Cetakan Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan dan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Eviana, Melilla. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang dan Mengatasi Kejenuhan Pada Peserta didik Kelas IV A SDI Labat Kota Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022. Volume 6, No. 1:1-23. (Online), https://ejurnal-pendidikanbahasaundana.com/index.php/lazuardijournal/article/view/79 [diakses tanggal 3 Juni 2023]

Miqwati, dkk. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Volume 1, No. 1:30-38. (Online), https://jurnal.ut.ac.id/index.php/penaanda/article/view/4997 [diakses pada tanggal 3 Juni 2023]

Downloads

Published

2023-11-29
Abstract views: 318 , PDF Downloads: 220