PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NU KRADENAN KABUPATEN BANYUWANGI PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 MENYAYANGI TUMBUHAN

Penulis

  • Cintya Khoirun Nisa Universitas negeri Jember
  • Nuriman Nuriman
  • Kendid Mahmudi

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p94-101

Kata Kunci:

project based learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

Abstrak

Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Project based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar kelas III SD NU Kradenan Kabupaten Banyuwangi pada Tema 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan, dilatarbelakangi oleh permasalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah, hal tersebut dibuktikan oleh hasil observasi dan analisis persentase yang masing-masing menunjukkan 40,78%, dan 57,36% untuk aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SD NU Kradenan, oleh karenanya diperlukan sebuah upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, dan salah satunya adalah dengan melakukan penerapan model project based learning (PJBL), yang mana berdasarkan beberapa kajian literatur model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan PJBL, metode yang digunkan pada penelitian ini adalah melakukan penerapan PJBL dengan 2 siklus serta melakukan tes dan analisis persentase, hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2 yang jika ditotal terjadi peningkatan masing-masing sebesar 29,9% dan 16,2% pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD NU Kradenan.

Referensi

Karinaputri, C. 2019. Penerapan Model Project based learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha

Nurawalia, A., dan Suryanti. 2021. Pengajaran Writing Metode Hybrid. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Primayana, K. H. 2015. Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(02), 7-15.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. 2020. Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113.

Triwiyanto, T. 2022. Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Sanjaya, D. H. W. 2016. Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Usman, N., dan Murniati. 2019. Pengantar Manajemen Pendidikan. An1mage.

Yanuar, E.2016. Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas XIIE 3 Smk N 3.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 126