PENGARUH MODEL PJBL BERBANTU MEDIA HAPPY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PKn KELAS III SDN MASANGAN WETAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p60-70Kata Kunci:
model project based learing (PjBL), happy card, hasil belajar.Abstrak
Pembelajaran PKn SD diharapkan dapat membentuk peserta didik yang aktif, kreatif dan membantu dalam berpikir kritis, analitis, bersikap serta bertindak demokratis untuk menjalankan kehidupan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam menjelaskan materi pembelajaran PKn, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif pada proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu media happy card terhadap hasil belajar siswa pembelajaran PKn kelas III SDN Masangan Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen
Design dan rancangan penelitian ini digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa test. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji-t menunjukkan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa
model Project Based Learning (PjBL) berbantu media happy card terhadap hasil belajar siswa pembelajaran PKn kelas III SDN Masangan Wetan.
Referensi
Aghni, R. I. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akunta nsi. Jurnal Pendidikan
AkuntansiIndonesia,16(1).https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.
Al-Tabany, T, I, B. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA. https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=S_rJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=model+pembelajaran&ots=Zjx5QOlEIM&sig=_WCfFu40vJmFobuhE-ISSN: 2614-4414Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Volume V, Nomor2,November2021LbiDiJ1Rnrs&redir_esc=y#v=onepage&q=modelpembelajaran&f=false.
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), https:// doi.org/10.31004/basicedu.v6 i1.2084.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. Analisis penggunaan model pembelaj aran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal PendidikanAdministrasi Perkantoran, 9(2).
Apriliany. A. A dan Hendratno. UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Hendratno Abstrak.
Ariyanto, Andy., Sutama., M. Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk. 9(2).
DamridanF.E.Putra.PendidikanKewarganegaraan.Jakarta:KENCANA.https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=dwBEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA107&dq=pendidikan+kewarganegaraan&ots=lhwQ612Ynd&sig=qktjJ6MasehbygrudRhkQbxm6no&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikankewarganegaraan&f= false.
Fitria, Ismail, & Thaiyyeb, M. Pengaruh Media Kartu Bergambar Berbasis Model Discovey Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi di SMP Negeri 5 Pallangga. Prosiding Seminar Nasioal Biologi.
Hamid, M. A., R. Ramadhani., M. Juliana., M. Safitri., M. M. Jamaludin., J. S. Media Pembela jaran. Medan: YayasanKitaMenulis.https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr7B6vN1OU&sig=qcqJ3uMgj6KAXWK2FYfIL5zZnTU&redir_esc=y#v=one
page&q=mediapembelajaran&f=false.
Hasan, M., Milawati., Darodjat., T. K. Harahap., T. Tahrim., A. M. Anwar., A. Rahmat., Masdiana. i. M. I. Media Pembelajaran. Ngawen: CV. Tahta Media Group.http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf.
Komara, E. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1). www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan.
Novita, L., Rostikawati, R. T., & Aulia Fitriani, K. A. F. Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar
Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1992.
Sugiyono. 2017. Metode Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal