PENGARUH MODEL PJBL BERBANTU MEDIA HAPPY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PKn KELAS III SDN MASANGAN WETAN

Penulis

  • Dinda Rahadian Ludfiana Pratiwi Universitas Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyowati
  • Rarasaning Satianingsih

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p60-70

Kata Kunci:

model project based learing (PjBL), happy card, hasil belajar.

Abstrak

Pembelajaran PKn SD diharapkan dapat membentuk peserta didik yang aktif, kreatif dan membantu dalam berpikir kritis, analitis, bersikap serta bertindak demokratis untuk menjalankan kehidupan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam menjelaskan materi pembelajaran PKn, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif pada proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu media happy card terhadap hasil belajar siswa pembelajaran PKn kelas III SDN Masangan Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen
Design dan rancangan penelitian ini digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa test. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji-t menunjukkan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa
model Project Based Learning (PjBL) berbantu media happy card terhadap hasil belajar siswa pembelajaran PKn kelas III SDN Masangan Wetan.

Referensi

Aghni, R. I. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akunta nsi. Jurnal Pendidikan

AkuntansiIndonesia,16(1).https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Al-Tabany, T, I, B. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA. https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=S_rJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=model+pembelajaran&ots=Zjx5QOlEIM&sig=_WCfFu40vJmFobuhE-ISSN: 2614-4414Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Volume V, Nomor2,November2021LbiDiJ1Rnrs&redir_esc=y#v=onepage&q=modelpembelajaran&f=false.

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), https:// doi.org/10.31004/basicedu.v6 i1.2084.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. Analisis penggunaan model pembelaj aran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal PendidikanAdministrasi Perkantoran, 9(2).

Apriliany. A. A dan Hendratno. UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Hendratno Abstrak.

Ariyanto, Andy., Sutama., M. Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk. 9(2).

DamridanF.E.Putra.PendidikanKewarganegaraan.Jakarta:KENCANA.https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=dwBEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA107&dq=pendidikan+kewarganegaraan&ots=lhwQ612Ynd&sig=qktjJ6MasehbygrudRhkQbxm6no&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikankewarganegaraan&f= false.

Fitria, Ismail, & Thaiyyeb, M. Pengaruh Media Kartu Bergambar Berbasis Model Discovey Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi di SMP Negeri 5 Pallangga. Prosiding Seminar Nasioal Biologi.

Hamid, M. A., R. Ramadhani., M. Juliana., M. Safitri., M. M. Jamaludin., J. S. Media Pembela jaran. Medan: YayasanKitaMenulis.https://books.google.co.id/bookshl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr7B6vN1OU&sig=qcqJ3uMgj6KAXWK2FYfIL5zZnTU&redir_esc=y#v=one

page&q=mediapembelajaran&f=false.

Hasan, M., Milawati., Darodjat., T. K. Harahap., T. Tahrim., A. M. Anwar., A. Rahmat., Masdiana. i. M. I. Media Pembelajaran. Ngawen: CV. Tahta Media Group.http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf.

Komara, E. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1). www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan.

Novita, L., Rostikawati, R. T., & Aulia Fitriani, K. A. F. Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar

Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1992.

Sugiyono. 2017. Metode Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31
Abstract views: 151 , PDF Downloads: 213