PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p186-191Kata Kunci:
Model PBL, Kemampuan Berfikir Kritis, MahasiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD Unipa Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen. Sampel penelitian Angkatan 2020 Kelas C dan B, sedangkan populasi penelitian ini Mahasiswa PGSD Angakatan 2020 PGSD Unipa Surabaya. Desain Penelitian ini menggunakan Postest Only Nonequavalen Control Group Desain dengan jenis penelitian quasi. Untuk pengeloaan data menggunakan software SPSS. Dari hasil pengolahan data menunjukkan terdapat pengaruh penerapan Model PBL terhadap kemampuan berfikir kritis Mahasiswa PGSD Unipa Surabaya.
Referensi
Atnuri, & Prastyo, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGSD UNIPA Surabaya Pada Pokok Bahasan Ham. Wahana.
Harun, N. F., Yusof, K. M., Jamaludin, M. Z., & Hassan, S. A. H. S. (2012). Motivation in Problem-based Learning Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.650
Huda, M. (2013). Cooperatif Learning. In pustaka pelajar.
Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, 2014.
Prastyo, D. (2019). STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PAIR CHECK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA PADA POKOK BAHASAN KONSEP WAKTU DAN PERUBAHAN. INVENTA, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1814
Rahmawati, R. I. (2019). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SMPN 1 Pakusari. ScienceEdu. https://doi.org/10.19184/se.v1i1.9490
Sirait, E. D. (2019). Pengaruh Gaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3640
Verinsyah, N. O., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal