PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA

Authors

  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyowati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sunu Catur Budiyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p186-191

Keywords:

Model PBL, Kemampuan Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD Unipa Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen. Sampel penelitian Angkatan 2020 Kelas C dan B, sedangkan populasi penelitian ini Mahasiswa PGSD Angakatan 2020 PGSD Unipa Surabaya. Desain Penelitian ini menggunakan Postest Only Nonequavalen Control Group Desain dengan jenis penelitian quasi. Untuk pengeloaan data menggunakan software SPSS. Dari hasil pengolahan data menunjukkan terdapat pengaruh penerapan Model PBL terhadap kemampuan berfikir kritis Mahasiswa PGSD Unipa Surabaya.

References

Atnuri, & Prastyo, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGSD UNIPA Surabaya Pada Pokok Bahasan Ham. Wahana.

Harun, N. F., Yusof, K. M., Jamaludin, M. Z., & Hassan, S. A. H. S. (2012). Motivation in Problem-based Learning Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.650

Huda, M. (2013). Cooperatif Learning. In pustaka pelajar.

Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, 2014.

Prastyo, D. (2019). STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PAIR CHECK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA PADA POKOK BAHASAN KONSEP WAKTU DAN PERUBAHAN. INVENTA, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1814

Rahmawati, R. I. (2019). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SMPN 1 Pakusari. ScienceEdu. https://doi.org/10.19184/se.v1i1.9490

Sirait, E. D. (2019). Pengaruh Gaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3640

Verinsyah, N. O., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2).

Published

2022-11-28

How to Cite

Prastyo, D., Rarasaning Satianingsih, Ida Sulistyowati, & Sunu Catur Budiyono. (2022). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 186–191. https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p186-191
Abstract views: 179 , PDF Downloads: 115