DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p154-160Keywords:
smartphone, siswa, perilaku, sosialAbstract
Penggunaan Smartphone sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat, perlunya pengawasan penggunaannya oleh orang tua dan guru demi kebaikan perkembangan siswa. Penggunaan smartphone yang salah dapat berdampak pada perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone oleh Siswa SD Kecil Paramasan Atas di lingkungan sekolah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Alasan penggunaan smartphone dan bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan siswa menggunakan smartphone sebagai hiburan di sekolah, berupa bermain aplikasi game offline, melihat video yang didapatkan dari teman-teman dan berfoto bersama teman-teman. Perilaku sosial siswa berubah ketika siswa disibukkan dengan smartphone, siswa disibukkan dengan smartphone ketika waktu istirahat tiba dan siswa mengikuti gerakan yang ada di dalam video smartphone sehingga berdampak pada perilaku di sekolah.
References
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

