DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p154-160Keywords:
smartphone, siswa, perilaku, sosialAbstract
Penggunaan Smartphone sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat, perlunya pengawasan penggunaannya oleh orang tua dan guru demi kebaikan perkembangan siswa. Penggunaan smartphone yang salah dapat berdampak pada perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone oleh Siswa SD Kecil Paramasan Atas di lingkungan sekolah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Alasan penggunaan smartphone dan bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan siswa menggunakan smartphone sebagai hiburan di sekolah, berupa bermain aplikasi game offline, melihat video yang didapatkan dari teman-teman dan berfoto bersama teman-teman. Perilaku sosial siswa berubah ketika siswa disibukkan dengan smartphone, siswa disibukkan dengan smartphone ketika waktu istirahat tiba dan siswa mengikuti gerakan yang ada di dalam video smartphone sehingga berdampak pada perilaku di sekolah.
References
Anggraeni, A., & Hendrizal. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKN & Hukum, 13(Sosial), 64–76.
Ariston, Y., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. 1(2), 86–91.
Fanny, A. M. (2020). Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pendidikan Dasar:“Tinjauan Kritis dan Implikasinya”. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
Nasution, J. A., Suhaili, N., & Alizamar, A. (2017). Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 15–29. https://doi.org/10.29210/02017114
Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (studi kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/download/486/339/
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219
Retalia. (2020). Dampak Intensitas Penggunaan Smarphone Terhadap Interaksi Sosial. EduPsyCouns, 2(2), 45–56.
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379
Sari, P., Warneri, & Ramadhan, I. (2021). Dampak Penggunaan Smartphone Pada Perilaku Sisa Kelas XI Dalam Pembelajaran Sosiologi di MA Al-Ikhlas Kuala Mandor B. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49405
Siti, K., & Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Man 2 Kuningan. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(2), 161–176. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i2.3370
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–20. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal