PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN GEBANG 3

Penulis

  • Dian Natalia Universitas Jember
  • Nuriman Nuriman Universitas Jember
  • Agustiningsih Agustiningsih Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p147-153

Kata Kunci:

Model discovery learning, media pembelajaran PhET, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design dengan pola penelitian non-equivalent control groub design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran model discovery berbatuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV di SDN Gebang 3. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebang 3. Pelaksanaan penelititan pada semester ganjil 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, uji keefektifan relative. Pada pengolahan data menggunakan SPSS 25 sebagai alat bantu. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel yakni 4,200 > 1,674 dapat disimpulkan adanya  pengaruh yang signifikan penggunan model discovey learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman Dinegeriku Sub tema 2 Pembelajaran 1  kelas IV di SDN Gebang 3. Pada penghitungan ER di peroleh hasil 48%. Nilai tersebut masuk pada kreteria keefektifan sedang.

Referensi

Fathina, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SD kelas IV Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Materi Gaya (Penelitian Eksperimen Terhadap SDN Sukaharja I dan SDN Sukaharja II di Kabupaten Sumedang. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Masyhud, M. S. 2021. Metode Penelitian Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga pengembangan manajemn dan profesi kependidikan

Muryani, A. D. dan Rochmawati. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Yang Berbantuan dan Tanpa Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3 (2).

Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan.

Rahma, I.R. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Panas Dan Perpindahannya Di Sdn Sumbersari 03 Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-28
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 155