Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Media Abakus pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Penulis

  • Desy Alfitriani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Naji Al-Maruf Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Hendrik Prayitno Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p179-185

Kata Kunci:

Kata Kunci: Abakus,media, berhitung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran ABAKUS. Abakus berasal dari bahasa Yunani Abax yaitu alat bantu aritmatika untuk mempermudah melakukan operasi bilangan. Media pembelajaran ini sangat cocok untuk simpel di implentasikan baik dikelas rendah maupun kelas tinggi di SD atau sekolah dasar.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istilah dalam bahasa Inggris adalah Classroom Action Research (CAR) , yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu kegiatan penelitian yang berkonteks kelas yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaranTeknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Wawancara, Tes dan Observasi.Hasil validasi yang diperoleh 83.3% yang artinya media pembelajaran abakus dapat diterapkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengetahuan atau kognitif siswa kelas I SDI Al-Khoiriyah meningkat dengan diterapkannya media pembelajaran ABAKUS sehingga tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian dikatakan berhasil tanpa ada tindakan lagi.

Referensi

Ahdhianto,E,. & Istiq’faroh,N. (2020). The Effect of Problem-Based Learning Models on Mathematical Problem Solving Skills in Primary Schools. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology,12(8), 165-71/

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Besler, F., & Kurt, O. (2016). Effectiveness of video modeling provided by mothers in teaching play skills to children with autism. Educational Sciences: Theory & Practice, 16(1), 1-10.

Coplan, R. J., Schneider, B. H., Matheson, A., & Graham, A. (2010). ‘Play skills’ for shy children: Development of a social skills facilitated play early intervention program for extremely inhibited preschoolers. Infant and Child Development: An International Journal of Research and Practice, 19(3), 223-237.

Daraee, M., Salehi, K., & Fakhr, M. (2016). Comparison of social skills between students in ordinary and talented schools. In Selection & Peer-review under responsibility of the Conference Organization Committee (hal. 513-521). European: ICEEPSY (Vol. 2016, p. 7th).

Daring Siswa Sekolah Dasar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 1219.

Fatmawati, I., Djamas, N., & Rahmadani, A. (2021). Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stres Akademik Pembelajaran

Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Edmodo-Based Blended Learning Media in Learning Mathematics. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 2(2), 107-117.

Hergianasari, P. (2019). Konsep Deradikalisasi Pada Pendidikan Berbasis Pembelajaran Terpadu. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 9 (3), 239-244.

Istiq'faroh, N. (2022). The Profile of Students’ Basic Teaching Skills Through Blended Learning in Microteaching Courses During Covid-19 Pandemic. Jurnal Basicedu, 6(2), 2586-2596.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235.

Nurhasnawati, N. (2011). model-model pembelajaran kontrutivisme. . An- Nida', 36(2), 237-259

pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Piaget, J. (1976). Piaget’s theory. In Piaget and his school (pp. 11-23). Springer, Berlin, Heidelberg.

Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan

Syaifuddin. 2009. Anatomi Tubuh Manusia Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika

Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wijaya, Hengki, & Helaluddin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Kline dalam Karso. 1998. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara DII.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-28
Abstract views: 167 , PDF Downloads: 336