PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SRIKATON 02

Penulis

  • Denissa Febriyanti Widyaningrum Universitas Islam Sultan Agung
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Sultan Agung
  • Sari Yustiana Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p170-178

Kata Kunci:

Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Perkalian

Abstrak

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas III SD Negeri Srikaton 02 masih sebatas menggunakan buku dan menggunakan metode pembelajaran konvensional, sehingga hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan bahkan mengantuk pada saat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media ular tangga perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika siswa kelas III di SD Negeri Srikaton 02. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran, serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk media pembelajaran ular tangga perkalian dan pembagian dinyatakan “ sangat layak” yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh validator pertama dengan skor 68 dengan presentase sebesar 90% dan hasil validasi validator pertama memperoleh skor 67 dengan presentase sebesar 89%. Produk media pembelajaran ular tangga perkalian dan pembagian termasuk berada dalam kategori “Sangat Praktis” yang dibuktikan hasil angket respon siswa yang memperoleh presentase sebesar 87% serta hasil respon guru yang memperoleh presentase sebesar 86%. Produk media pembelajaran ular tangga perkalian dan pembagian dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada Peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari 48 ke 78 dimana nilai 78 tersebut melebihi KKM sekolah sebesar 72. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2.tailed) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media ular tangga perkalian dan pembagian.

Kata kunci: Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian

Referensi

Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dworetzky, J. 1990. Introduction to Child Development. West: PublishingCompany.

Herman, H. 1998. Belajar Mengajar Matematika. Bandung: Angkasa.

Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No.1.

Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sundayana, R. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Yuliana, R. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada. Yogyakarta, vol.6, no.1, http://journal.student.uny.ac.id.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-28
Abstract views: 587 , PDF Downloads: 219