PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS DI MAN 2 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p63-70Keywords:
STAD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kualitas belajar peserta didik berdasarkan perbandingan hasil belajar siklus I dan siklus II menggunakan model belajar STAD pada kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro. Alur prosedur yang digunakan yaitu perencanaan – tindakan – observasi – evaluasi. STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan strategi pembelajaran yang bersifat kooperatif, yaitu melibatkan sesama peserta didik dengan langkah pembelajaran presentasi, diskusi kelompok, pengerjaan soal, skor pengembangan kemajuan individual dan penghargaan terhadap kelompok. Hasil belajar setelah pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa 37,5% dari 32 siswa telah menyelesaikan KKM sebelum menggunakan model STAD. Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran kelas harus mencapai 75% dari total. Setelah proses observasi dan tindakan, ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Berkaca pada penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran pada siswa kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro.
References
Hardjana, Agus M. 2001. Training SDM yang Efektif. Yogyakarta : Kanisius
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Muslimin, Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press
Anas, Muhammad. 2014. Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Education.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Robert E.slavin. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Probem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta : Pustaka
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada.
Gagne. 2016. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi.
Kant, Immanuel. 1724. Epistemologi Pemecahan Masalah Menurut Karl Popper. Jakarta : Gramedia.
Broek. 1980. The Socials Sciences and Geographic Educations. A Reader
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal