PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS DI MAN 2 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p63-70Keywords:
STAD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kualitas belajar peserta didik berdasarkan perbandingan hasil belajar siklus I dan siklus II menggunakan model belajar STAD pada kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro. Alur prosedur yang digunakan yaitu perencanaan – tindakan – observasi – evaluasi. STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan strategi pembelajaran yang bersifat kooperatif, yaitu melibatkan sesama peserta didik dengan langkah pembelajaran presentasi, diskusi kelompok, pengerjaan soal, skor pengembangan kemajuan individual dan penghargaan terhadap kelompok. Hasil belajar setelah pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa 37,5% dari 32 siswa telah menyelesaikan KKM sebelum menggunakan model STAD. Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran kelas harus mencapai 75% dari total. Setelah proses observasi dan tindakan, ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Berkaca pada penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran pada siswa kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro.
References
Hardjana, Agus M. 2001. Training SDM yang Efektif. Yogyakarta : Kanisius
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Muslimin, Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press
Anas, Muhammad. 2014. Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Education.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Robert E.slavin. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Probem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta : Pustaka
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada.
Gagne. 2016. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi.
Kant, Immanuel. 1724. Epistemologi Pemecahan Masalah Menurut Karl Popper. Jakarta : Gramedia.
Broek. 1980. The Socials Sciences and Geographic Educations. A Reader
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

