PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS DI MAN 2 BOJONEGORO

Authors

  • Siti Niswatin MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p63-70

Keywords:

STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kualitas belajar peserta didik berdasarkan perbandingan hasil belajar siklus I dan siklus II menggunakan model belajar STAD pada kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro. Alur prosedur yang digunakan yaitu perencanaan – tindakan – observasi – evaluasi. STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan strategi pembelajaran yang bersifat kooperatif, yaitu melibatkan sesama peserta didik dengan langkah pembelajaran presentasi, diskusi kelompok, pengerjaan soal, skor pengembangan kemajuan individual dan penghargaan terhadap kelompok. Hasil belajar setelah pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa 37,5% dari 32 siswa telah menyelesaikan KKM sebelum menggunakan model STAD. Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran kelas harus mencapai 75% dari total. Setelah proses observasi dan tindakan, ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Berkaca pada penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran pada siswa kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro.

References

Hardjana, Agus M. 2001. Training SDM yang Efektif. Yogyakarta : Kanisius

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Muslimin, Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press

Anas, Muhammad. 2014. Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Education.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar

Robert E.slavin. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Probem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta : Pustaka

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada.

Gagne. 2016. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi.

Kant, Immanuel. 1724. Epistemologi Pemecahan Masalah Menurut Karl Popper. Jakarta : Gramedia.

Broek. 1980. The Socials Sciences and Geographic Educations. A Reader

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : UNY.

Downloads

Published

2023-06-12
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 113