INDEX CARD MATCH (ICM) SEBAGAI MODEL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p15-24Keywords:
Index Card Match, Peningkatan Belajar, Strategi BelajarAbstract
Pada peneletian ini menggunakan strategi index card match atau IMC pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaaan Indonesia dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menggunakan strategi ini sangat memudahkan peserta didik dalam mengahafal materi yang diajar. Strategi ini menggunakan kartu index cara bermainnya peserta didik saling mencari pasangan-pasangan untuk tanya jawab. Kartu index berisi soal yang dibuat oleh pendidik. Tujuan penelitian ini, yaitu meningkatkan keaktifan peserta didik dengn mengunakan strategi index card match dalam pelajaran sejarah match pada peserta didik MAN 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti anatara lain lewat tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian, yaitu tes tulis dan lembar observasi. Teknik analisis data ialah menyusun secara sistematis data yang diperoleh berupa hasil wawancara, catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah pada siklus I pemebelajaran tidak tuntas karena peningkatan yang diperoleh sebesar 67,74% dari sejumlah siswa. Selanjutnya ketika menggunakan strategi pembelajaran index card match pada siklus II, persentase peningkatan hasil belajara sebesar 85,91%.
References
Annurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian TindakanoKelas. Jakarta: BumioAksara.
B. Uno, Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belaja dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Aktof, Menarik. Jakarta: BumioAksara.
Darsono. 2000. BelajarodanoPembelajaran. Semarang: IKIP SemarangoPress Daryanto. 2010. BelajarodanoMengajar. Bandung: YramaoWidya.
Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar danoPembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Engeance,Nico.o2012.oKeaktifanopesertaodidik.ohttp://elnicovengeance.wordpress.com/2012/10/14/keaktifan-peserta didik/. (5 Februari 2013)
Fajarwati, Ari. 2009. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Minat peserta didik dalamoPembelajaranoMatematikaomelalui model IndexoCard Match (Mencari Pasangan). Skripsio(tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hamalik, Oemar 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar 2009. Proses BelajaroMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.
Ibrahim, oR. &oSyaodih, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kochhar, S. K. 2008. PembelajaranoSejarah (Teachingoof History). Jakarta: PT. Gramedia WidiasaranaoIndonesia.
Kresnanto,oDeddy. 2012. Metode Pembelajaran Index Card Match. http:// nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaran-indexcard-match/. (5 Februari 2013).
Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktik PenelitianoTindakan Kelas. Bandung: Remaja Roesdakarya.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silbermen, Melvin. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tri Anni, Catharina. 2008. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja pendidik dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal