INDEX CARD MATCH (ICM) SEBAGAI MODEL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH

Authors

  • Silviana Rochmatin MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p15-24

Keywords:

Index Card Match, Peningkatan Belajar, Strategi Belajar

Abstract

Pada peneletian ini menggunakan strategi index card match atau IMC pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaaan Indonesia dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menggunakan strategi ini sangat memudahkan peserta didik dalam mengahafal materi yang diajar. Strategi ini menggunakan kartu index cara bermainnya peserta didik saling mencari pasangan-pasangan untuk tanya jawab. Kartu index berisi soal yang dibuat oleh pendidik. Tujuan penelitian ini, yaitu meningkatkan keaktifan peserta didik dengn mengunakan strategi index card match dalam pelajaran sejarah match pada peserta didik MAN 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti anatara lain lewat tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian, yaitu tes tulis dan lembar observasi. Teknik analisis data ialah menyusun secara sistematis data yang diperoleh berupa hasil wawancara, catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah pada siklus I pemebelajaran tidak tuntas karena peningkatan yang diperoleh sebesar 67,74% dari sejumlah siswa. Selanjutnya ketika menggunakan strategi pembelajaran index card match pada siklus II, persentase peningkatan hasil belajara sebesar 85,91%.

References

Annurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian TindakanoKelas. Jakarta: BumioAksara.

B. Uno, Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belaja dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Aktof, Menarik. Jakarta: BumioAksara.

Darsono. 2000. BelajarodanoPembelajaran. Semarang: IKIP SemarangoPress Daryanto. 2010. BelajarodanoMengajar. Bandung: YramaoWidya.

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar danoPembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Engeance,Nico.o2012.oKeaktifanopesertaodidik.ohttp://elnicovengeance.wordpress.com/2012/10/14/keaktifan-peserta didik/. (5 Februari 2013)

Fajarwati, Ari. 2009. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Minat peserta didik dalamoPembelajaranoMatematikaomelalui model IndexoCard Match (Mencari Pasangan). Skripsio(tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamalik, Oemar 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar 2009. Proses BelajaroMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Ibrahim, oR. &oSyaodih, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kochhar, S. K. 2008. PembelajaranoSejarah (Teachingoof History). Jakarta: PT. Gramedia WidiasaranaoIndonesia.

Kresnanto,oDeddy. 2012. Metode Pembelajaran Index Card Match. http:// nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaran-indexcard-match/. (5 Februari 2013).

Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. 2009. Praktik PenelitianoTindakan Kelas. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silbermen, Melvin. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tri Anni, Catharina. 2008. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja pendidik dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-05-31
Abstract views: 94 , PDF Downloads: 74