PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA
Main Article Content
Abstract
Pada penelitian ini menggunakan metode tutor sebaya. Guna untuk peserta didik memahami materi integral pada mata pelajaran matematika. Metode ini, maksudnya peserta didik yang ditunjuk oleh pendidik untuk dijadika tutor bagi peserta didik lainnya. Kemudian, pendidik membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 peserta didik dan setiap kelompok sudah ada tutor masing-masing. Tutor yang dipilih peserta didik yang mampu menerangkan materi pada temannya dengan baik dan juga akan mendapat arahan dari pendidik. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar pada materi matematika.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Intrusmen penelitian, antara lain 1) tes tulis mengenai pelajaran matematika. 2) melakukan observasi untuk meninjau kegiatan peserta didik. Pelaksanaan metode tutor sebaya mengalami peningkatan proses belajar matematika pada kelas XII IIS 1 MAN 2 Bojonegoro, Pada siklus I peserta didik yang lulus, yaitu 60,61% menjadi 81,82% pada siklus II. Pernyataan tersebut telah ditetapkaan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 80%.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Intrusmen penelitian, antara lain 1) tes tulis mengenai pelajaran matematika. 2) melakukan observasi untuk meninjau kegiatan peserta didik. Pelaksanaan metode tutor sebaya mengalami peningkatan proses belajar matematika pada kelas XII IIS 1 MAN 2 Bojonegoro, Pada siklus I peserta didik yang lulus, yaitu 60,61% menjadi 81,82% pada siklus II. Pernyataan tersebut telah ditetapkaan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 80%.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
References
Dimyati, Mujiono. 1999. Belajarodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Eko PutrooWidoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaoPelajar
Hamalik, Oemar. 1991. StrategioBelajar-Mengajaroberdasarkan CBSA. Bandung: CV. Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulumodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.
Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.
Muhammad. 2011. Pengertian Tutor Sebaya,(online),(http://id.Shvoong.com/, diakses pada tanggal 17 Juni 2013)
Mulyasa. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
PurwantooM.oNgalim.2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
PusatOBahasaODepdiknas. 2002, Kamus BesarOBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPPustaka.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-VariabelOPenelitian. Bandung: Alfabeta
RobertOMOGagne. 1988. Prinsip-Prinsip BelajarOuntuk Pengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sardirman, A. M. 2006. Interaksi & MotivasiOBelajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar ProsesOBelajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruOAlgensindo.
Sudjana,Nana. 2005. Penilaian Hasil ProsesOBelajarOMengajar. Bandung: PTORemajaO Rosdakarya.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara