PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTATION TERHADAP SISWA KELAS XI IIA 1 MAN 2 BOJONEGORO DENGAN MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Suryani Safriyanti MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p35-42

Keywords:

Belajar, Multi Representation, Fluida Statis

Abstract

Pada penelitian ini menerapkan pembelajaran yang menggunakan multi representation terhadap peserta didik kelas XI IIA 1 dengan materi fluida statis. Multi representation disebut suatu tindakan yang menggamabarkan kerangka dan siklus. Penggunaan metode ini, agar peserta didik menjadi aktif dalam proses belajar dan berani menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh multi representation dalam materi fluida statis dan peneliti ingin melihat respon peserta didik saat menggunakan multi representation dalam belajar fisika. Dalam penelitian ini akan menjadi dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Guna multi representation untuk membangun pemahaman terhadap materi fluida statis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal dan tes akhir dalam setiap siklus. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Kriteria keberhasilan yang dicapai nilai rata-rata ≥ 75 dalam mengerjakan soal fisika pada siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian ini ialah peserta didik menghasilkan sebuah respon sangat positif saat menggunakan multi representasi terhadap materi fluida statis. Dalam proses pembelajaran iklus II yang menggunakan multi representasi dengan hasil skor lebih tinggi 83,93.

References

Davidf Hallidayg, dkkh. 2010. Fisikaj Dasar, Edisis ketujuhs JilidO1. Jakarta: Erlangga.

Husainig UsmanOdan Purnomoq SetiadyOAkbar. 2011. Pengantarr StatistikaOEdisi Kedua, Jakarta: RemajaORosdakarya.

JuliansyahONoor. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan KaryaOIlmiah. Jakarta: KencanaOPrenadaOMedia Gathering.

JumaOdeOPutra. 2013. Inspirasi Mengajar Ala HarvardOCollege, Jogjakarta: Diva Press.

Laras Widianingtiyas, dkk. 2015. "Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap KemampuanOKognitif peserta didik SMA". JurnalOPenelitian and Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 1, no. 1. Jakarta.

PakarOTentor. 2013. Buku Paten FisikaOSMA. Jogjakarta: Laksana.

Rosyid, dkk. 2013. "MeningkatkanOHasil BelajarOFisika MenggunakanOModel OrientasiOFISIKA (PBL dan Multi Representasi) pada Konsep Mekanika di SMA". Jurnal Pancaran, vol. 2, No. 3.

Slameto. 2003. BelajarOdan Faktor-Faktoroyang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

ShaaronOAinsworth. 1999. Section 9:oThe Edicational Worth of Multiple Representations whileoLearning CompleXI IIA 1 Logical Idea.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Researchoand development. Bandung: CV. Alfabeta.

Syakban.o2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing TerhadapoHasil Belajar pesertaodidik pada Materi Objek FISIKA dan Pengamatannya di Kelas VII SMP InshafuddinoBanda Aceh". Sripsi, Banda Aceh: FTK UIN ArRaniry.

ZahratulOAini.o2015. "Pengembangan LembaroKerja peserta didiko(LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifikopada MateriOKoloid", Skripsi.oBanda Aceh: FKIPOUnsyiah, September.

Downloads

Published

2022-05-28
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 286