EFEKTIVTAS KONSELING BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KONFORMITAS NEGATIF DENGAN TEKNIK ASERVATIVE TRAINING
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p16-25Keywords:
Konformitas, Assertive TrainingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku konformitas negative pada peserta didik kelas XI IPS MAN 2 Bojonegoro menggunakan konseling behavior dengan teknik assertive training. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologi perilaku konformitas. Dalam penlitian ini menggunakan instrumen skala tingkat konformitas yang dikembangkan oleh peneliti. Teknikoanalisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif. Cara dalam menganalisis data yaitu, mengorganisasikan data dalam kategori, kemudian menjabarkan dalam unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam sebuah pola, memilih yang perlu untuk dipelajari, membuat simpulan. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwanteknik assertive training latihan asertif cukup efektif utuk mengurangi tingkah laku konformtas negatif padansiswa yang terbiasa tidakndapat menolak tekanan dariitemannya, serta tidak tegas dalam menyatakan keinginanya secra jujur dan terbuka.
References
Arikunto,nSuharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (SuatuoPendekatanoPraktik). Jakarta: RinekagCipta.
Baron, Robertn& Byne. 2003. PsikologidSosial. Jakarta: Erlangga.
Corey,nGerald. 2013. Teori danmPraktik Konseling & Psikoterapi. Bandung: RefikakAditama.
Corey,kGerald. 2005. Theory andnPractice ofbCounseling & Psychotherapy Seventh Edition. America: Thomson Learning.
Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104-107.
Desmita. 2009. PsikologinPerkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gibson, Robert L dan Marriane H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling (Edisilketujuh). Yogyakarta: PustakamPelajar.
Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.
Mulawarman. 2011. ModulkPraktikum Model-ModellKonseling (EdisiPertama). Semarang: TimkDosennUnnes.
Myers, G. David. 2012. PsikologinSosial. Jakarta: SalembanHumanika.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif,mKualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyo. 2006. PsikologimSosial. Semarang: FIP Unnes.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang: CV Widya Karya.
Tylor, Shelley dkk. 1997. Social Psychology (Ninth Edition). Los Angeles: University of California.
Willis, Sofyan. 2007. KonselingnIndividual Teori danmPraktek. Bandung: CV Alfabeta.
Yoga,dAruna, dkk. 2014. Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Assertive Trainingkuntuk MeminimalisasibPerilaku Menyimpang pada Siswa Kelas.
VIII SMP Negeri 2 Singraja. E-journal UndiksakJurusaniBimbingandKonseling Volume. 2 No. 1. Zebua. A.S dan Nurdjayadi, R.D. 2001. Hubungan antara Konformitasjdan Konsep Diri dengannPerilaku Konsumtif padanRemaja Putri. Jurnal Ilmiah PsikologiTerapan: Phronesis Volume 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

