EFEKTIVTAS KONSELING BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KONFORMITAS NEGATIF DENGAN TEKNIK ASERVATIVE TRAINING

Authors

  • Wahyu Tri Agustin MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p16-25

Keywords:

Konformitas, Assertive Training

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku konformitas negative pada peserta didik kelas XI IPS MAN 2 Bojonegoro menggunakan konseling behavior dengan teknik assertive training. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologi perilaku konformitas. Dalam penlitian ini menggunakan instrumen skala tingkat konformitas yang dikembangkan oleh peneliti. Teknikoanalisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif. Cara dalam menganalisis data yaitu, mengorganisasikan data dalam kategori, kemudian menjabarkan dalam unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam sebuah pola, memilih yang perlu untuk dipelajari, membuat simpulan. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwanteknik assertive training latihan asertif cukup efektif utuk mengurangi tingkah laku konformtas negatif padansiswa yang terbiasa tidakndapat menolak tekanan dariitemannya, serta tidak tegas dalam menyatakan keinginanya secra jujur dan terbuka.

References

Arikunto,nSuharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (SuatuoPendekatanoPraktik). Jakarta: RinekagCipta.

Baron, Robertn& Byne. 2003. PsikologidSosial. Jakarta: Erlangga.

Corey,nGerald. 2013. Teori danmPraktik Konseling & Psikoterapi. Bandung: RefikakAditama.

Corey,kGerald. 2005. Theory andnPractice ofbCounseling & Psychotherapy Seventh Edition. America: Thomson Learning.

Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104-107.

Desmita. 2009. PsikologinPerkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gibson, Robert L dan Marriane H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling (Edisilketujuh). Yogyakarta: PustakamPelajar.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Mulawarman. 2011. ModulkPraktikum Model-ModellKonseling (EdisiPertama). Semarang: TimkDosennUnnes.

Myers, G. David. 2012. PsikologinSosial. Jakarta: SalembanHumanika.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif,mKualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyo. 2006. PsikologimSosial. Semarang: FIP Unnes.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang: CV Widya Karya.

Tylor, Shelley dkk. 1997. Social Psychology (Ninth Edition). Los Angeles: University of California.

Willis, Sofyan. 2007. KonselingnIndividual Teori danmPraktek. Bandung: CV Alfabeta.

Yoga,dAruna, dkk. 2014. Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Assertive Trainingkuntuk MeminimalisasibPerilaku Menyimpang pada Siswa Kelas.

VIII SMP Negeri 2 Singraja. E-journal UndiksakJurusaniBimbingandKonseling Volume. 2 No. 1. Zebua. A.S dan Nurdjayadi, R.D. 2001. Hubungan antara Konformitasjdan Konsep Diri dengannPerilaku Konsumtif padanRemaja Putri. Jurnal Ilmiah PsikologiTerapan: Phronesis Volume 3.

Downloads

Published

2022-05-28
Abstract views: 301 , PDF Downloads: 529