PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 2 BOJONEGORO

Authors

  • Athi’atul Maula MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p8-15

Keywords:

Keterampilan Menulis, Bahasa Arab, Media Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanoketerampilan menulis bahasaoArab peserta didik kelas XI MAN 2 Bojonegoro menggunakan media digital berbahasa Arab. Metodeopenelitian yangodigunakan berupaopenelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian tindakan kelas dapat dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknikopengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif memiliki karakteristik yang dapat ditampilkan dalam bentuk angka, berupa hasil pembelajaran awal dan hasil pembelajaran akhir.Instrumenoyang digunakanodalam penelitian berupa tesoyang terdiriodari tes awal dan tes akhir pada siklus I dan siklus II. Pada penelitianoini bentuk tes yangodigunakan berupa tesotertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah Penggunaan media digital bermanfaat untuk interaksi peserta didik guna untuk meningkatkan stimulus. Media digital berupa animasi gambar. Hal ini, peserta didik dapat memahami mufrofat berguna untuk menulis.

References

Ahmad, Izzan. 2007. Metodologi PembelajaranoBahasa Arab.oBandung: Humaniora.

Ainin, Mohammad. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya:oHilal Pustaka.

Arikunto,nSuharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (SuatuoPendekatanoPraktik). Jakarta: RinekagCipta.

Arsyad,oAzhar. 2011. MediaoPembelajaran. Jakarta: RajaoGrafindo Persada.

Ch, Hendrawanto. 2020. “Peningkatan Keterampilan MenulisoBahasa Arab (Kitabah) denganooMenggunakan Metode Scrumble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta.” JurnalooBudaya, Bahasa, dan SastraoArab, Online, Vol. 17 (1): 58-68. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/index, diunduh 28 Februari 2022 pukul 09.00.

Dalman. 2014. KeterampilanoMenulis. Jakrta: RajawalioPers.

Daryanto. 2010. MediaooPembelajaran: PeranannyaoSangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GaveoMedia

Deni, Darmawan. 2012. InovasioiPendidikan Pendekatan Praktek Teknologi Multimedia dan PembelajaranoOnline. Bandung: PT. RemajaoRosda Karya.

Hamiyah, N. & Jauhar, M. 2014. StrategioiiBelajar Mengajaroiidi Kelas. Jakarta: PrestasioPustaka.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta:ooYuma Pustaka.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Jauhari, M. N. (2016). Identifikasi Perkembangan Komunikasi Anak Pervasive Developmental Disorder. Helper: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 32(2).

Lexy J. Moleong. 2001. Metodologi PenelitianooKualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.

Sudiman,iArief;iRahardjo;iHaryono;iAnung; Rahardjito. 2010. MediaooPendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaoGrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. StatistikamuntuknPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-05-28
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 141