PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME EDUCANDY DAN VIDEO ANIMASI KINE MASTER DAN ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOSAKATA ANGGOTA TUBUH DAN PANCA INDRA BESERTA FUNGSI DAN CARA PERWATANNYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p166-174Keywords:
game educandy, video animasi, media pembelajaran.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan yang ada di sekolah dasar. Dalam pembelajaran, guru kurang mampu dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang interaktif. Sehingga, pembelajaran yang dilaksanakan berjalan kurang maksimal dan tidak inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan game educandy dan video animasi kine master dan animaker, pada materi pengenalan kosakata anggota tubuh dan panca indra beserta fungsi dan cara perawatannya untuk kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Assure (Analyze, State Object, Select, Utilize, Require, and Evaluate). Hasil dari penelitian adalah produk media pembelajaran interaktif yaitu game educandy dan video animasi kine master dan animaker. Data hasil validasi kesuluruhan oleh tim ahli media dan materi yaitu dengan kategori “Sangat Baik” dengan perolehan total skor 89 dari 100 untuk penyajian media dan kategori “Baik” dengan total skor 71 dari 90 untuk penyajian materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dalam proses pembelajaran secara mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal

