PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME EDUCANDY DAN VIDEO ANIMASI KINE MASTER DAN ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOSAKATA ANGGOTA TUBUH DAN PANCA INDRA BESERTA FUNGSI DAN CARA PERWATANNYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p166-174Keywords:
game educandy, video animasi, media pembelajaran.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan yang ada di sekolah dasar. Dalam pembelajaran, guru kurang mampu dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang interaktif. Sehingga, pembelajaran yang dilaksanakan berjalan kurang maksimal dan tidak inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan game educandy dan video animasi kine master dan animaker, pada materi pengenalan kosakata anggota tubuh dan panca indra beserta fungsi dan cara perawatannya untuk kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Assure (Analyze, State Object, Select, Utilize, Require, and Evaluate). Hasil dari penelitian adalah produk media pembelajaran interaktif yaitu game educandy dan video animasi kine master dan animaker. Data hasil validasi kesuluruhan oleh tim ahli media dan materi yaitu dengan kategori “Sangat Baik” dengan perolehan total skor 89 dari 100 untuk penyajian media dan kategori “Baik” dengan total skor 71 dari 90 untuk penyajian materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dalam proses pembelajaran secara mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

