Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165Keywords:
Media pembelajaran, podcast, bahasa indonesiaAbstract
Teknologi dari zaman ke zaman pasti mengalami kemajuan dan terus mengalami perkembangan. Salah satu dampak dari teknologi juga mempengaruhi pendidikan di dunia. Tujuan penelitian ini ialah mengukur seberapa layak atau tidak media podcast pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Media pembelajaran podcast ini salah satu media inovasi akibat adanya pandemic Covid-19. Metode pengembangan yang kami gunakan yaitu model ADDIE, Model ADDIE ini adalah singkatan untuk lima tahap proses pengembangan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Model ADDIE bergantung pada setiap tahap yang dilakukan dalam urutan yang diberikan, namun dengan fokus pada refleksi dan iterasi. Model ini memberi pendekatan yang terfokus pada pemberian umpan balik untuk perbaikan terus-menerus. Kami menggunakan instrument validasi ahli materi pada penelitian ini. Hasil penilaian terhadap media yang kami laksanakan dengan persentase tingkat pencapaian 80%, dimana persentase ini termasuk kedalam kualifikasi/predikat layak. Dari hal tersebut, media pembelajaran podcast ini memiliki validitas materi yang baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran dongeng pada anak kelas III Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

