PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD MUHAMMADIYAH RAMBAH PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Widiana Eka Putri Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Adam Mudinillah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52

Keywords:

Aplikasi kinemaster, sekolah dasar, pembelajaran ips

Abstract

Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh dalam penerapan penggunaan aplikasi kinemaster pada pembelajaran Ips. Pada pandemi covid 19 ini Pemerintah mewajibkan setiap sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), sehingga peserta didik dituntut untuk menggunakan aplikasi kinemaster dalam pembuatan video berbasis yang berbasis perangkat bergerak. Aplikasi kinemaster adalah aplikasi yang favorit dalam pembuatan video bertujuan untuk memudahkan dalam pembuatan video. Penelitian ini dilalukan kepada pendidik.dalam pembuatan video. Media pembelajaran ini sangat mendukung model pembelajaran, aplikasi kinemaster dalam membuat media pembelajaran sangat dibutkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas.  Dengan pmenggunakan aplikasi kinemaster guru bisa mendesain proses pembelajaran sekreatif mungkin hingga menarik sehingga siswa tidak mudah bosan untuk melihatnya. Dalam penggunakan aplikasi kinemaster ini dilakukan dengan metode diskusi secara kelompok, masing-masing kelompok dua orang dan diskusi bersama guru, guru dan siswa mendiskusikan metode apa yang cocok dalam pembuatang video, dan media apa saja yang menarik dibuat dalam video tersebut. Dalam diskusi ini membahas sejauh mana siswa mengetahu aplikasi kinemaster dan apa saja yang diketahui siswa tentang kinemaster seperti fitur, transisi dan lain-lain, ada juga yang perlu diketahui sampai mana siswa mengetahui cara pengeditan video di aplikasi kinemaster ini. Tujuan dari kegiatan kelompok ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan media pbelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Hasil dari pembuatan video tersebut menggunakan aplikasi kinemaster bisa menambah wawasan peserta didik maipun guru dalam penggunaan aplikasi kinemaster.

References

Khaira, H. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. Media Pembelajaran Auduo Visual.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.

Structures, M. B. (n.d.). PemanfaatanTeknologiGadget Sebagai Media Pembelajaran.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Putri, W. E. ., & Mudinillah, A. . (2023). PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD MUHAMMADIYAH RAMBAH PADA MASA PANDEMI COVID 19. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52
Abstract views: 793 , PDF Downloads: 431