PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD MUHAMMADIYAH RAMBAH PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52Keywords:
Aplikasi kinemaster, sekolah dasar, pembelajaran ipsAbstract
Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh dalam penerapan penggunaan aplikasi kinemaster pada pembelajaran Ips. Pada pandemi covid 19 ini Pemerintah mewajibkan setiap sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), sehingga peserta didik dituntut untuk menggunakan aplikasi kinemaster dalam pembuatan video berbasis yang berbasis perangkat bergerak. Aplikasi kinemaster adalah aplikasi yang favorit dalam pembuatan video bertujuan untuk memudahkan dalam pembuatan video. Penelitian ini dilalukan kepada pendidik.dalam pembuatan video. Media pembelajaran ini sangat mendukung model pembelajaran, aplikasi kinemaster dalam membuat media pembelajaran sangat dibutkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas. Dengan pmenggunakan aplikasi kinemaster guru bisa mendesain proses pembelajaran sekreatif mungkin hingga menarik sehingga siswa tidak mudah bosan untuk melihatnya. Dalam penggunakan aplikasi kinemaster ini dilakukan dengan metode diskusi secara kelompok, masing-masing kelompok dua orang dan diskusi bersama guru, guru dan siswa mendiskusikan metode apa yang cocok dalam pembuatang video, dan media apa saja yang menarik dibuat dalam video tersebut. Dalam diskusi ini membahas sejauh mana siswa mengetahu aplikasi kinemaster dan apa saja yang diketahui siswa tentang kinemaster seperti fitur, transisi dan lain-lain, ada juga yang perlu diketahui sampai mana siswa mengetahui cara pengeditan video di aplikasi kinemaster ini. Tujuan dari kegiatan kelompok ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan media pbelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Hasil dari pembuatan video tersebut menggunakan aplikasi kinemaster bisa menambah wawasan peserta didik maipun guru dalam penggunaan aplikasi kinemaster.
References
Khaira, H. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. Media Pembelajaran Auduo Visual.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.
Structures, M. B. (n.d.). PemanfaatanTeknologiGadget Sebagai Media Pembelajaran.
Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

