PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD MUHAMMADIYAH RAMBAH PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Widiana Eka Putri Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Adam Mudinillah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52

Keywords:

Aplikasi kinemaster, sekolah dasar, pembelajaran ips

Abstract

Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh dalam penerapan penggunaan aplikasi kinemaster pada pembelajaran Ips. Pada pandemi covid 19 ini Pemerintah mewajibkan setiap sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), sehingga peserta didik dituntut untuk menggunakan aplikasi kinemaster dalam pembuatan video berbasis yang berbasis perangkat bergerak. Aplikasi kinemaster adalah aplikasi yang favorit dalam pembuatan video bertujuan untuk memudahkan dalam pembuatan video. Penelitian ini dilalukan kepada pendidik.dalam pembuatan video. Media pembelajaran ini sangat mendukung model pembelajaran, aplikasi kinemaster dalam membuat media pembelajaran sangat dibutkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas.  Dengan pmenggunakan aplikasi kinemaster guru bisa mendesain proses pembelajaran sekreatif mungkin hingga menarik sehingga siswa tidak mudah bosan untuk melihatnya. Dalam penggunakan aplikasi kinemaster ini dilakukan dengan metode diskusi secara kelompok, masing-masing kelompok dua orang dan diskusi bersama guru, guru dan siswa mendiskusikan metode apa yang cocok dalam pembuatang video, dan media apa saja yang menarik dibuat dalam video tersebut. Dalam diskusi ini membahas sejauh mana siswa mengetahu aplikasi kinemaster dan apa saja yang diketahui siswa tentang kinemaster seperti fitur, transisi dan lain-lain, ada juga yang perlu diketahui sampai mana siswa mengetahui cara pengeditan video di aplikasi kinemaster ini. Tujuan dari kegiatan kelompok ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan media pbelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Hasil dari pembuatan video tersebut menggunakan aplikasi kinemaster bisa menambah wawasan peserta didik maipun guru dalam penggunaan aplikasi kinemaster.

References

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Covid-, P., Susanto, M. R., & Susanto, D. (2021). SOSIOHUMANIORA : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Jurnal Hompage : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Melalui Aplikasi Kinemaster di masa Info artikel aplikasi KineMaster , efektivitas , pan. 7(2), 29–38.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Hakim, M., Budiono, A. N., & Afandi, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Ma ’ arif Jember. 217–224.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Indrajit, R. E. (2012). Evolusi Perkembangan Teknologi. Blogspot.Com, 1–5. https://bit.ly/2HWDlmF

Khaira, H. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. Media Pembelajaran Auduo Visual.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586

Lailiyatul Iftitah, S., & Faridhatul Anawaty, M. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81.

Nurlina, L., & Fauzan, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Ajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Abdikarya, 3(1), 32–41.

Nurmaliza, Y., Susanto, E., & Selviani, D. (2021). Pelaksanaan pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran simulasi digital. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(01), 12–16. https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1398

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Octavianty, R., Astuti, A., Hikma, R. S., Iwan, M., & ... (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa …, 1(1), 280–286.

Pancasila, G., & Dasar, S. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Pengembangan Media Audio Visual Materi Makna. 8(1), 30–39.

Permadi, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Transformatika, Volume 9, No. 2, Januari 2012 : 72 – 78, September, 72–78.

Primananda, R., & Hamid, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Oleh Guru Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 15–44. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/1085

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/8821

Rasyid, H. (2017). Persepsi Orang Tua dan Guru Mengenai Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 6(2), 29–39.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.

Shofiyah, N., Aulina, C. N., Efendi, N., & Laily, M. (2021). Modul Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster Diterbitkan oleh Jl . Mojopahit 666 B Sidoarjo ISBN : 978-623-6292-13-6 Copyright © 2021 . Authors All rights reserved.

Simbolon, M. E. M., Lestari, N., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–8.

Structures, M. B. (n.d.). PemanfaatanTeknologiGadget Sebagai Media Pembelajaran.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wibowo, S., Tantra, S., Muhamad, P., Taufik, S., Nanda, P., Widya, M., Hendarto, S., Yani, A., Zainuddin, M. S., Andriani, R., Saleh, S., Badaru, B., Sutirta, H., Nur, S. A., Anjani, F., Kusuma, D., Febry, P., Ardie, N., Divinubun, S., … Zulaikha, I. (2021). Unggul Dalam Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi.

ZAM, E. M. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176.

Downloads

Published

2023-05-31
Abstract views: 388 , PDF Downloads: 138