ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) PAI SD DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

Authors

  • Caswita Caswita SDN 1 Tanjung Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p96-117

Keywords:

Kebijakan, USBN, Mutu, Lulusan, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya evaluasi dalam mewujudkan mutu pendidikan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis implementasi kebijakan USBN PAI SD dalam
mewujudkan mutu lulusan peserta didik di Kota Tasikmalaya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi dan Subjek penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pengadilan
dan SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah kebijakan dalam bentuk dokumen peraturan yang telah dikeluarkan oleh pengambil kebijakan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini, dilakukan dengan beberapa cara yaitu ; wawancara, observasi, studi kepustakaan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan USBN PAI di SDN 1 Pengadilan dan SDN Sindanggalih
telah mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan dalam prosedur operasional standar (POS) USBN PAI. Pelaksanaan USBN PAI di Kota Tasikmalaya sudah mengikuti POS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya SDN 1
Pengadilan dan SDN Sindanggalih telah melaksnakan USBN PAI dari perancanaan, pelaksanaan evaluasi sesuai dengan proseudur yang telah ditetapkan POS USBN PAI. Rekomendasi dari penelitian ini bagi Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan agar terus melaksanakan USBN PAI sebagai bentuk evaluasi oleh pemerintah dengan terus meningkatkan kualitas penyelenggaraannya

References

Abdullah, A.M. (2006). Problem Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustino,L.(2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Alfiriani, A. (2016). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran dan Implementasinya. Padang: Sukabina Pers.

Ali, M. (2005). Metode kependidikan, Metode dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Al-Jufri.H. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Smart Grafika.

Amin, K, (2014). Majalah Pendidikan Islam, Edisi No. 3/Tahun II/2014. Pengelolaan Pendidikan Islam. Pendis. Jakarta : Kemenag RI. Arikunto,S, (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,S.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S & Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arifin, (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin,Z, (2011) Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Aunnurahman,(2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Azdi, Y. (2011). “Dasar Filosofis Evaluasi”. Sumber: http://www.kompasiana.com/yulzami.azdi/dasar-filosofis-evaluasi_5500df5aa333119f6f5126f4. Date: 07-09-2015/ Time: 17.31.

Azra, A.(2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azra, A. (2002). Paradigma Bara Penddikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas,

Calongesi, J.S. 1995. Merancang Tes untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung : ITB

Creswell, J.W.(2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dunn,W.N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Gajah Mada University Press. Jogyakarta.

Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Dawson, C. (2010) Metode Penelitian Praktis Sebuah Panduan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas (2001) Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran PAI Sekolah Dasar. Jakarta : Puskur-Balitbang Depdiknas

Dharma.S.(2008). Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Ditjen PMPTK Depdikbud

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Edward III, G.C. (1984). Public Policy Implementing. London-England : Jai Press Inc.

Effendi, S (2011). Evaluasi Kebijakan Publik dalam http://xpresipena. blogspot.com/2011/11/evaluasi-kebijakan-publik.html diakses tanggal 20 Desember 2019

Fahmi, M, (2008). “Pengembangan Asesmen KSA dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar”, El-Rohman, Jurnal Pendidikan Taruna. Surabaya: STIT Taruna.

Fattah, N. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Firdaus M.R. (2018) Tantangan Implementasi Kebijakan Publik Zaman Now dalam https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/08/02/tantanganimplementasi- kebijakan-publik-zaman-now. Diakses tanggal 16 Desember 2019.

Ghofur, A. dan Mardapi, D. (2004). Pola Induk Pengembangan Sistem Penilaian Yogyakarta: PPs UNY.

Griffin,R.W. (2011). Management. Canada : South-Westrn Cengage Learning Grindle, M.S. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third World. New Jersey: Princnton University Press.

Grounlund., dan Linn (1990). Measurement and evaluation in teaching. Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Hamami, T. (2013). Ujian Agama Islam “Menyesatkan”,(online). Tersedia : http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/16/11121548/Ujian.Pendidikan.Ag ama.Menyesatkan.(11 Juli 2018).

Hayat.B dan Ali.M.(2012). Khazanah dan Praktis Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Cendekia Utama,

Hidayat, T dan Asyafah, A (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah , Jurnal Pendidikan Islam Al-Tadzkiyyah Volume 10. No. I 2019

Idrus,M.(2010). “Ujian Nasional dalam Konsep Evaluasi Pendidikan” Jurnal Millah edisi Khusus.(12), 207-208.

Imron, A, (2008). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia, Proses Produk dan masa depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2008) Metodelogi Penelitian Pendidikan dan sosial, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: GP Pers.

Ismail, F. Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-Model Penilaian Berbasis Afektif). Jurnal TA’DIB, Vol. XVIII, No. 02, Edisi Nopember 2013

Kasiano. (2017) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Kakap. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Keeves, J.P. (1994). National examinations: design, procedures and reporting. Paris: UNESCO, International Institute for Educational Planning.

Kemenag. (2010). Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Mata Pelajaran Agama Islam. Jakarta: Kementrian Agama

Kencana, Inu, (1999). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Kurniadin.D, Machali. I (2012). Manajemen Pendidikan. Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Ldrin W. A. (1981) AssessingAffective Characteristicin the Schools. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Maddini, H(2014). Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP dan Kaitannya dengan Perilaku Siswa. Disertasi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahirah B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). FTIK UIN Alauddin Makassar Jurnal Idaarah, VOL. I, NO. 2.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia,Bandung

Majid,A dan Andayani,D. (2005) Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A, (2011), Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mardapi,D (2012). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Yuha Medika.

Mardapi,D (2011), Ujian Nasional Antara Harapan Dan Kenyataan. Yogyakarta: Makalah UNY.

Mardapi,D. (2009)”Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 13(2),227245.

Moleong,L.J.(2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Morin, Edgar.(2005).Tujuh Materi Penting Bagi Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Muhaimin.(2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Muhaimin (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhaimin.(2005), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada,

Mulyana, R. (2019). Tiga Hal ini Perlu Dibenahi dalam USBN dalam https://siedoo.com/berita-25508-tiga-hal-ini-perlu-dibenahi-dalam-usbn/. Diakses tanggal 16 Desember 2019.

Mulyana.R.2011) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung:Alfabeta Mulyasa. E.(2002). Manjemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mundiri. A. (20015), Komitmen Organisasional Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren, Pedagogik, 3.1, 88–105.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Nata,A.(2006). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Cet.I; Jakarta:UIN Jakarta:Press.

Nata,A.(2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada.

Nata,A.(1997). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Logos wacana.

Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoretis dan Praktis. Jakarta:Ciputat Press.

Nugroho,R.(2014). Metode Penelitian Kebijakan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pakpahan, R. (2010). USBN Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Puspendik Kemdikbud.

Pasaribu, A: http://fisikawansastra.blogspot.com/2015/04/lan-dasan-filosofis- dan-yuridis-standar.html. diakses tanggal 16 Desember 2019.

Purwanto, M.N (1994). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwati. (2009). USBN Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Fasilitator. (2).

Priatmoko, Sigit,(2018) Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.1 No.2 Juli 2018.

Rahardjo, M, 2010, Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif, http://www.uinmalang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html# di akses tanggal 3 Agustus 2018, pukul 01.03

Ramayulis (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rasydin, H dan Mansur.(2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Ratnawulan,E dan Rusdiana,A.(1994). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Rizema, P.S. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Diva Press

Rohman.A.(2012). Kebijakan Pendidikan, analisi dinamika Formulasi dan Implementasi Yogyakarta: CV Aswaja Perssindo

Saepudin, J dan Shaleh, K. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Institut Teknologi Bandung. Jurnal “Al-Qalam” . 24 (2) 258-270

Safkaur,T.L. (2014) Implementasi Kebijakan Publik : Review Teori. Jurnal Ilmu Sosial, 12 (1), 25

Saifulloh, A dan Safi’I,I (2017) Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Gontor : Universitas Darussalam.

Saputro, A, Febrianto,(2018) Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 di Pendidikan,https://www.republika.co.id/ diakses Rabu, 18 Juli 2018.

Sauri.S, Firmansyah,H dan Rizal.A.S (2010), Filsafat Ilmu Pendidikan Agama. Bandung: Arfindo Raya.

Sauri, S. (2009). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran. (online). http://sofyansauri.lecturer.upi.edu/ Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pedagogik dan Penyusunan Unsur-Unsurnya l, diakses 6 Januari 2020).

Sanapiah, F. (2007) Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Persindo. Semiawan, C. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta : Grasindo Perss. Singarimbun dan Effendi.S (1987). Metode Penelitian Survai. Jakarta : PT New Aqua Press

Solichin. M.M (2007). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif . Jurnal Tadrîs. Volume 2. Nomor 1. 2007

Somantri, G.R. (2005)“Memahami Metode Kualitatif” Jurnal Makara Sosial Humaniora. 9 (2), 57-65.

Subarsono, AG (2012). Analisis Kebijakan Publik (Konsep, teori, danAplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subali, B.(2012). Prinsip Assessment dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Subali,B, (2012), Pemanfaatan Classroom Assessment For Learning dalam Mata Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Dalam Menempuh Ulangan Umum Serta Ujian Sekolah Dan Ujian Nasional. Makalah Pidato Guru Besar. Disampaikan di depan rapat terbuka senat Universitas Negeri Yogyakarta pada hari selasa tanggal 28 Februari 2012.

Subali,B dan Suyata, P (2012). Pengembangan item tes konvergen dan divergen dan penyelidikan validitasnya secara empiris. Yogyakarta: Diandra.

Subali, B. (2010). Panduan praktikum penilaian, evaluasi dan remediasi hasil belajar biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono,A. (2001), Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Sudijono,A, (2007), Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Soedijarto. (2009). Kedudukan dan Peran Strategis Pendidikan Dasar Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Implikasi Pembiayaannya. Jurnal Fasilitator. (2)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sukiman. (2008). Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, Bahan Ajar Mata Kuliah. Jogjakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga

Sukmadinata.N.S, Jami’at.A.N dan Ahman (2006) Pengendalian Mutu Pedidikan Sekolah Menengah Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Supriyoko. Ki. (2007). Hakikat Potitik Pendidikan Nasional dalam Ati Muhdi Amnur (Ed.), KonfigurasiPolitik Pendidikan Nasiona. Yogyakarta: Pustaka Fahima.

Sutrisno,(2006). Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Yogyakarta: Kota Kembang.

Suwandi.(2013). Evaluasi Ujian Akhir Berstandar Nasional (USBN). Jurnal Pendidikan Tekhnologi dan Kejuruan.21 (3), 227 -237

Syahril, (2007), Konsep Evaluasi Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Hunafa. 4 (4), 305-320.

Syam, N, (2018). Ingatkan Pendidikan Islam Tantangan Era Industri 4.0. kemenag.go.id diakses tanggal 26 Juni 2019 pukul 10.15

Taufiq, A. (2011). Manajemen Strategik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H.A.R. (1994). Manajemen Pendidikan Nasional, Bandung: Rosda Karya

Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan, Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Bag 1 Ilmu Pendidikan Teoritis). PT Imperial Bhakti Utama.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Bag 3 Pendidikan Disiplin Ilmu). PT Imperial Bhakti Utama.

Tolkhah, I, (2009).Urgensi Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam “Mereka Bicara Pendidikan Agama Islam, sebuah bunga rampai” (peny) Marwan Saridjo. Jakarta: Rajawali Pers, 120-121.

Tjalla. (2010). UN dan Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal. UNJ Jakarta.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Worthen, B.R. and Sanders, J.R. (1987) Educational Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines. Longman Press: New York.

Yin, R.K. (2019). Studi Kasus. Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Grafindo

Zamroni, “USBN PAI menuju keunggulan tanpa Makna” http://www.dikdasmenpwmdiy.or.id/opini/218-usbn-pai-menuju-keunggulan-tanpa-makna diakses pada 10 Januari 2020, pukul 13.00 wib.

Downloads

Published

2022-12-25
Abstract views: 528 , PDF Downloads: 275