Settings Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus II

Authors

  • Lita Setio Ningsih FIP UNM
  • Abd Kadir A FIP UNM
  • Rahmawati Patta FIP UNM

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p125-135

Keywords:

pembelajaran online, prestasi, belajar

Abstract

masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang diraih siswa dari pembelajaran online mengalami penurunan sejak dilaksanakannya pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus II dengan nilai thitung 3.117 lebih besar (>) nilai Ttabel 1,65895 dengan taraf signifikan 5% yang berarti Ho ditolak dan Hα diterima. Dari uji koefisien determinasi diketahui terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran online sebesar 8,2%. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran online akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Jadi, semakin baik pelaksanaan pembelajaran online maka akan meningkatkan prestasi belajar siwa. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran online yang baik akan meningkatkan prestasi belaar siswa.

Author Biographies

Lita Setio Ningsih, FIP UNM

PGSD UNM

Abd Kadir A, FIP UNM

PGSD UNM

Rahmawati Patta, FIP UNM

PGSD UNM

References

<div class="WordSection1">Ansori, I., Endang, B., &amp; Yusuf, A. (2013). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas VIII disekolah menengah pertama. <em>Journal of Information and Modeling</em>.</div><p>Bire, A. L., Geradus, U., &amp; Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial,dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar. <em>Jurnal Kependidikan</em>, <em>44</em>, 168174.</p><p>Gilang K, R. (2020). <em>Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19</em> (L. Nurtika (ed.); 1st ed.). Lutfi Gilang.</p><p>Khasanah, M. (2020). <em>Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Tahfidz Ar-Risalah Kec. Bandung Tahun Peljaran 2019/2020</em> (Issue 23040160201).</p><p>Maharani Buanasari, D. (2020). <em>Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Bagi Guru Kelas Rendah Pada Pandemi Covid-19 di SD Negeri 12 Purwodadi</em>.</p><p>Nur Alifia, H., Prihantini, &amp; Kuswanto. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Anak. <em>JIKAP PGSD</em><em>¯</em><em>: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan</em>, <em>5</em>, 181185.</p><p>Pohan, A. E. (2020). <em>Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah</em> (Susilawati (ed.); 1st ed.). CV. Sarnu Untung.</p><p>Rosyid, M. Z., Mustajab, &amp; Rosid Abdulah, A. (2019). <em>Prestasi Belajar</em> (H. Sa, diyah (ed.)). Literasi Nusantara.</p><p>Sadikin, A., &amp; Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). <em>BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</em>, <em>6</em>(1), 214224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759</p><p>Santoso, E. (2010). <em>Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa</em>.</p><p>Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. <em>Jurnal Pendidikan Matematika</em>, <em>1</em>(2), 105113.</p><p>Sisdiknas. (2003). <em>Undang-undang Nomor 20 pasal 3</em>.</p><p>Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? <em>Jurnal Pendidikan Karakter</em>, <em>1</em>, 4758.</p><p>Sugiyono. (2015). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D</em>. Alfabeta.</p><p>Supardi. (2017). <em>Statistik Penelitian Pendidikan</em> (1st ed.). PT Rajagrafindo Persada.</p>

Downloads

Published

2022-12-25
Abstract views: 415 , PDF Downloads: 322