Keterkaitan Antara Fasilitas Belajar di Rumah Dengan Sikap Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p136-142Keywords:
Fasilitas belajar di rumah, Sikap kerja keras, Covid 19Abstract
Fasilitas belajar dirumah yang cukup memadai sangat membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, terlebih di masa pandemi seperti ini semuanya serba online. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai, diharapkan proses belajar mengajar dapat efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan sikap kerja keras siswa dalam belajar dirumah selama pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar di rumah terhadap sikap kerja keras siswa dalam belajar selama pandemi. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data fasilitas belajar dirumah dan data sikap kerja keras siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap sikap kerja keras siswa dengan memperoleh hasil 0,001 < 0,05. Meningkatnya fasilitas belajar siswa akan membawa peningkatan pada sikap kerja keras siswa dan sebaliknya menurunnya fasilitas belajar siswa akan membawa penurunan pada sikap kerja keras siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal