HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa kelas V SDN Panaragan 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 orang di SDN Panaragan 2 Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dan dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa dimana dapat dibuktikan setalah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan nilai r hitung 0,425 > r tabel 0,254. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri, semakin baik pula kemampuan komunikasinya.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.
References
Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103
Oktary, D., Marjohan, M., & Syahniar, S. (2019). The Effects of Self-Confidence and Social Support of Parents On Interpersonal Communication of Students. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 5. https://doi.org/10.32698/0352
Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Journal of Educational and Learning Studies, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454
Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00