HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p152-159Keywords:
Kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa kelas V SDN Panaragan 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 orang di SDN Panaragan 2 Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dan dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa dimana dapat dibuktikan setalah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan nilai r hitung 0,425 > r tabel 0,254. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri, semakin baik pula kemampuan komunikasinya.
References
Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103
Astuti, A., & Leonard. (2015). PERAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 31–33. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8
Çiftçi, K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta-analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 683–694. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12243a
Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 256–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4228
Gatz, J., & Kelly, A. M. (2018). Afterschool school triathlon training for 11- to 14-year old girls: Influences on academic motivation and achievement. Health Education Journal, 77(2), 156–168. https://doi.org/10.1177/0017896917739444
Kristianawati, E. (2014). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial. 3(03), 247–252.
Maulidya, D., & Ibrahim, Y. (2019). Relationship of Confidence with Interpersonal Communication. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–7. https://doi.org/10.24036/00189kons2019
Oktary, D., Marjohan, M., & Syahniar, S. (2019). The Effects of Self-Confidence and Social Support of Parents On Interpersonal Communication of Students. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 5. https://doi.org/10.32698/0352
Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Journal of Educational and Learning Studies, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454
Puspasari, I., Anjani, F., & Kadek, I. (2019). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Jurnal Kesehatan Tadulako, 5(1), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111
Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00
Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557
Utomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055
Vega, A. De, Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433–439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal

