HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Selly Septia
Mohamad Syarif Sumantri
Uswatun Hasanah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa kelas V SDN Panaragan 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 orang di SDN Panaragan 2 Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dan dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa dimana dapat dibuktikan setalah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan nilai r hitung 0,425 > r tabel 0,254. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri, semakin baik pula kemampuan komunikasinya.

Article Details

How to Cite
Septia, S., Mohamad Syarif Sumantri, & Uswatun Hasanah. (2022). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p152-159
Section
Articles

References

Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103

Oktary, D., Marjohan, M., & Syahniar, S. (2019). The Effects of Self-Confidence and Social Support of Parents On Interpersonal Communication of Students. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 5. https://doi.org/10.32698/0352

Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Journal of Educational and Learning Studies, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00