HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Selly Septia Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p152-159

Keywords:

Kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, siswa.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa kelas V SDN Panaragan 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 orang di SDN Panaragan 2 Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dan dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi siswa dimana dapat dibuktikan setalah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan nilai r hitung 0,425 > r tabel 0,254. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri, semakin baik pula kemampuan komunikasinya.

References

Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103

Astuti, A., & Leonard. (2015). PERAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 31–33. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8

Çiftçi, K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta-analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 683–694. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12243a

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 256–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4228

Gatz, J., & Kelly, A. M. (2018). Afterschool school triathlon training for 11- to 14-year old girls: Influences on academic motivation and achievement. Health Education Journal, 77(2), 156–168. https://doi.org/10.1177/0017896917739444

Kristianawati, E. (2014). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial. 3(03), 247–252.

Maulidya, D., & Ibrahim, Y. (2019). Relationship of Confidence with Interpersonal Communication. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–7. https://doi.org/10.24036/00189kons2019

Oktary, D., Marjohan, M., & Syahniar, S. (2019). The Effects of Self-Confidence and Social Support of Parents On Interpersonal Communication of Students. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 5. https://doi.org/10.32698/0352

Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Journal of Educational and Learning Studies, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454

Puspasari, I., Anjani, F., & Kadek, I. (2019). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Jurnal Kesehatan Tadulako, 5(1), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Utomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Vega, A. De, Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433–439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

Published

2021-11-30
Abstract View: 142