PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151Keywords:
lembar kerja peserta didik elektronik, higher order thinking skill, Validitas, efektivitas, kepraktisan.Abstract
Pembelajaran daring menuntut pendidik untuk melek teknologi dalam memanfaatkan bahan penunjang pembelajaran. Terbatasnya bahan ajar yang memfasilitasi peserta didik dalam memperkaya pengalaman, mengkonstruksi pengetahuan, serta menunjang kemampuan pemecahan masalah, sehingga diperlukannya pengembangan bahan ajar yakni melalui pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas, dan kepraktisan E-LKPD berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan (four-D) yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk dengan persentase kelayakan sebesar 96,9% termasuk dalam kategori sangat valid. Keefektifan E-LKPD dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-gain di kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan kelas V SDN Kotakulon 1 yaitu 0,55; 0,53; 0,54; 0,54 termasuk dalam kategori sedang. Kepraktisan E-LKPD berbasis HOTS diperoleh berdasarkan respon peserta didik dengan persentase kepraktisan kelas VA, VB, VC SDN Dabasah 1 dan SDN Kotakulon 1 sebesar 81,66%, 83,64%, 82,04%, 83,88% termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut E-LKPD berbasis HOTS layak dan sudah memenuhi kriteria untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal