PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRIS GAME PADA MATERI MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG DI KELAS VI SD

Authors

  • Rocky Marion Fiah PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Novia Rifatul Amaliah PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p69-79

Keywords:

GEOMETRI’S GAME, game, android, media pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan inovasi pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis android. Hal ini sejalan dengan penggunaan smartphone sebagai media untuk belajar maupun bermain game. Namun, generasi masa kini lebih cenderung menggunakan smartphone untuk bermain game dibandingkan untuk belajar. Oleh karena itu, peneliti berinovasi dengan membuat media pembelajaran berupa game berbasis android. Sehingga, dengan adanya media pembelajaran berupa game berbasis andorid ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan inovasi media pembelajaran berupa GEOMETRI’S GAME yang merupakan game berbasis android untuk kelas VI SD materi bangun ruang. Peneliti menggunakan metode penelitian ASSURE yang sesuai dengan penelitian yang berupa media multimedia. Media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti berupa game android materi bangun ruang di kelas VI SD. GEOMETRI’S GAME merupakan game edukasi yang berisi permainan match up dan quiz mengenai bangun ruang. Pengembangan GEOMETRI’S GAME memiliki tahapan seperti desain game, desain tampilan dan pemilihan materi yang ada dalam game. Game ini dapat digunakan pada smartphone android.

References

<p>Chaeruman, U. A. (2019, December). <em>INSTRUMEN EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN.</em> Dipetik Januari 01, 2021, dari ResearchGate: https://www.researchgate.net/publication/338208296_INSTRUMEN_EVALUASI_MEDIA_PEMBELAJARAN</p><p>Damayanti, E. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. <em>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 09 Nomor 03 Tahun 2020, 09</em>, 639-645.</p><p>Luthfya, U. Z. (2020). Pengembangan Game Edukasi œBeruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. <em>UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 No 2 Tahun 2020, 8</em>, 289-299.</p><p>Mubarok, Y. (2015, November 28). MEDIA PEMBELAJARAN PERAWATAN BATERAI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN. <em>Prosiding SENATEK 2015 Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 28 November 2015</em>, 223-229.</p><p>Muhammad Miftakhul Rohadi Putra, S. A. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SEKOLAH DASAR. <em>PROSIDING SEMINAR NASIONAL GEOTIK 2019</em>, 161-166.</p><p>Nurseto, T. (2011, April). MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK. <em>Jurnal Ekonomi &amp; Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011, 8</em>, 19-35.</p><p>Prima Lindi Taufiqoh, R. S. (2012). Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada. <em>BioEdu Vol. 1/No. 2/Oktober 2012, 1</em>, 1-4.</p><p>Purwanti, B. (2015, Januari). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. <em>Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3</em>, 42-47.</p><p>Tafonao, T. (2018, Juli). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. <em>Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018, 2</em>, 103-114.</p><p>Tejo Nurseto, M. (2011, April). MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK. <em>Jurnal Ekonomi &amp; Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, April 2011, 9</em>, 19-35.</p>Wanty Eka Jayanti, E. m. (2018, JUNI). Game Edukasi "Kids Learning" Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. <em>JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. VI, NO. 1 JUNI 2018, 5</em>, 78-86.

Published

2022-12-25
Abstract views: 526 , PDF Downloads: 632