SettingsPendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan Dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta

Authors

  • Debi Audina Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Soleh Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p60-68

Keywords:

Pendidikan, Peran Cinta Tanah Air, Karakter Kedisiplin, Upacara Nasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran cinta tanah air terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar DKI Jakarta. Dalam penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik dari Sekolah Dasar DKI Jakarta sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan memakai skala cinta tanah air dan skala kedisiplinan dan dianalisis memakai analisis regresi berganda dan teknik korelasi parsial. Hasil analisis data menampilkan kedudukan signifikan positif antara cinta tanah air terhadap kedisiplinan yang menampilkan F = 10,476269, Significance F = 0,002509 (alpha < 0,05). Peran serta efektif cinta tanah air terhadap kedisiplinan menampilkan 19,5% dan sekitar (80,5%) diakibatkan oleh beberapa faktor lain yang tidak fokus dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan dari hasil analisis, ditemui kedudukan signifikan positif dalam cinta tanah air terhadap kedisiplinan. Semakin besar skor cinta tanah air, semakin besar skor kedisiplinan. Di sisi lain, jika skor cinta tanah air rendah, semakin rendah juga skor kedisiplinan.

References

Abu Bakar, K. A., Noor, I. H. M., & Dan Widodo. (2018). Penumbuhan Nilai Karakter Nasionalis pada Sekolah Dasar di Kabupaten Jayapura Papua. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 4256. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.13616
Adlya, S. I., Yusuf, A. M., & Effendi, M. (2020). The Contribution of Self Control to Students Discipline. Journal of Counseling and Educational Technology, 3(1), 1. https://doi.org/10.32698/0791
Agustini, S. (2015). Membangun Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Pendidikan Karakter, V, 219228.
Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 112. file:///C:/Users/7/Downloads/467-554-1-SM.pdf
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177186.
Anwar, C. (2014). Internalisasi Semangat Nasionalisme Melalui Pendekatan Habituasi. Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 159172.
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 105113.
Chomsatun. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dan Kejujuran pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang. Jurnal Integralistik, 105118.
Fanny, A. M. (2020). Sinergitas Tripusat Pendidikan Pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 176-183.
Ismawati, E. (2018). Nationalism in Indonesian Literature as Active Learning Material. International Journal of Active Learning, 3(1), 3348.
Mancini, J. A. (2017). Student Discipline Strategies¯: Practitioner Perspectives.
Maulidia, S. Z., Maulidia, S. Z., Bua, A. T., & Nanna, A. W. I. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 02(1), 111120.
Muhammad Suhada, A. P.-A. (2019). Hubungan Sikap dalam Upacara Bendera dengan Rasa Nasionalisme dalam Pelajaran PPKn pada Siswa Kelas X SMK Pelita Harapan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 136142.
Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915
Nelyahardi. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 202218. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6806
Purnama, E. K. (2015). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Karakter. Jurnal Kwangsan, 3, 4558.
Purwanti, E. dkk. (2020). Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 112117.
Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(1), 106127. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361
Rahmani, Shinta Putri, M. Isa Rani, H. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air melalui Upacara Bendera pada Siswa SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318328.
Satrio, P., & Rachmah, E. N. (2020). Pilihan Merk Kosmetik dan Kebangsaan¯: Studi Mengenai Minat Beli Kosmetik Dan Identitas Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 368374.
Sekar Dwi Ardianti, Savitri Wanabuliandari, dan M. K. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9.
Setyowati, R. (2016). Nationalism Applying In Learning Civic Education As Moral Learning Media In University. Jurnal of Education, 1(1), 2225.
Sumilah. (2019). Penanaman Cinta Tanah Air melalui Upacara Bendera di SMP Negeri 7 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(April).
Untari, A. D., & Jaya, U. B. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1429.
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Yasin, F. (2011). Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah. El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, IX(1), 241948.

Published

2022-12-25
Abstract views: 2854 , PDF Downloads: 1869