SettingsAnalisis Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon dan Game Interaktif Menggunakan Webside Oodlu Materi Pecahan Sederhana Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Dhita Seftiana Universitas Negeri Surabaya
  • Berliyan Arsy Delia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p51-59

Keywords:

Video Animasi, matematika, minat, assure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat, serta menguji kelayakan media pembelajaran video animasi dan game interaktif mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan sederhana untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Media ini adalah kombinasi antara video dan game yang dirancang dan dibuat sebagai sarana pendukung pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika khususya materi pecahan. Pengembangan media ini berangkat dari permasalahan yang telah menjamur di masyarakat yaitu rendahnya minat belajar matematika khusunya materi pecahan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa matematika adalah pelajaran yang kurang digemari oleh siswa sekolah dasar. Oleh karena itu sangat dibutuhkan inovasi untuk menggugah minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut.

Metode ASSURE adalah metode yang dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi dan game interkativ layak digunakan untuk pembelajaran pada materi pecahan sederhana kelas 3 Sekolah Dasar. Uji kelayakannya sendiri dilakukan dengan mengujikan kepada ahli materi dan juga ahli media. Hasil uji validasi kelayakan video dan game oleh ahli media mendapatkan hasil “Sangat Layak” untuk digunakan, begitupun mengenai kelayakan materinya juga memperoleh nilai dalam kategori “Sangat Layak”.

References

Afandi, Muhammad dan Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Agustien, Relis, Nurul Umamah, dan Sumarno. 2016. œPengembangan media Pembelajaran Vidio Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jember.
Arikunto, Suharsimi, & Safruddin AJ, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.
Smaldino, Lowther, & Russell. (2011). Instructional Technology and Media Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Widyastuti, dkk. 2019. Minat Siswa kelas 3 sekolah Dasar yang Terhadap Matematika dan Hubungannya degan Metode
Pembelajaran dan efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 1, Januari 2019, pp. 83-100
Anonym, 2016. Penggunaan Model ASSURE dalam Pengembangan Media Belajar
https://fuadaf.blog.uns.ac.id. (diakses 2 Januari 2021)

Published

2022-12-25
Abstract views: 1143 , PDF Downloads: 753 , PDF Downloads: 0