Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42Keywords:
media pembelajaran interaktif, google slides, operasi pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif œDigital Activity Work Book menggunakan media Google Slides yang dimanfaatkan untuk pembelajaran Matematika di SD Kelas V dengan materi operasi hitung pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah model pengembangan ASSURE. Model ASSURE ini memiliki beberapa tahapan yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran pada peserta didik. Model ini terdiri dari : 1) Analisis Pelajar; 2) Penetapan Standar dan Tujuan Pembelajaran; 3) Pemilihan Strategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; 4) Penggunaan Teknologi, Media, dan Bahan Pembelajaran; 5) Mengaktifkan keterlibatan peserta didik; 6) Mengevaluasi dan merevisi. Data yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sampel diambil dengan tujuan dan pertimbangan tertentu dengan kategori dosen sebagai ahli media 1 orang, dosen sebagai ahli materi 2 orang, guru SD sebagai ahli materi dan media 2 orang, guru bidang studi Matematika sebagai ahli materi 1 orang, dan Guru Pengembangan Pendidikan Inklusi sebagai ahli media 1 orang. Hasil penilitian menunjukkan bahwa data hasil validasi ahli materi diperoleh 77.6% dan 94.4%, data hasil validasi ahli media 92%, serta ahli materi dan media diperoleh sebesar 96.4%, 100%, 88.89% 79.1%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis digital dengan menggunakan Google Slides ini layak digunakan untuk pembelajaran Matematika Kelas V SD materi Operasi Hitung Pecahan oleh guru maupun peserta didik.
References
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.
dkk, A. J. (2017). PEGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK KELAS XI SMA. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi.
Kumirah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURED VIDIO DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Artikel Kelulusan Program Magister Universitas PGRI Yogyakarta.
Neni Yuniati, B. E. (2011). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SEKOLAH DASAR NEGERI KROYO 1 SRAGEN. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol 3, No 4.
Sari, A. O. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ PADA MATERI MATRIKS. UIIN Raden Intan Lampung.
Sriwulan Purnamasari, A. H. (2019). PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran), Vol 6, No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal