Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD

Authors

  • Rizka Malia Syafitri State University of Surabaya
  • Sherlly Mariatul Kiftia State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42

Keywords:

media pembelajaran interaktif, google slides, operasi pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif œDigital Activity Work Book menggunakan media Google Slides yang dimanfaatkan untuk pembelajaran Matematika di SD Kelas V dengan materi operasi hitung pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah model pengembangan ASSURE. Model ASSURE ini memiliki beberapa tahapan yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran pada peserta didik. Model ini terdiri dari : 1) Analisis Pelajar; 2) Penetapan Standar dan Tujuan Pembelajaran; 3) Pemilihan Strategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; 4) Penggunaan Teknologi, Media, dan Bahan Pembelajaran; 5) Mengaktifkan keterlibatan peserta didik; 6) Mengevaluasi dan merevisi. Data yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sampel diambil dengan tujuan dan pertimbangan tertentu dengan kategori dosen sebagai ahli media 1 orang, dosen sebagai ahli materi 2 orang, guru SD sebagai ahli materi dan media 2 orang, guru bidang studi Matematika sebagai ahli materi 1 orang, dan Guru Pengembangan Pendidikan Inklusi sebagai ahli media 1 orang. Hasil penilitian menunjukkan bahwa data hasil validasi ahli materi diperoleh 77.6% dan 94.4%, data hasil validasi ahli media 92%, serta ahli materi dan media diperoleh sebesar 96.4%, 100%, 88.89% 79.1%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis digital dengan menggunakan Google Slides ini layak digunakan untuk pembelajaran Matematika Kelas V SD materi Operasi Hitung Pecahan oleh guru maupun peserta didik.

References

Ashyar, R. (2011). KREATIF MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN. Gaung Persada GP Press Jakarta.
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.
dkk, A. J. (2017). PEGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK KELAS XI SMA. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi.
Kumirah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURED VIDIO DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Artikel Kelulusan Program Magister Universitas PGRI Yogyakarta.
Neni Yuniati, B. E. (2011). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SEKOLAH DASAR NEGERI KROYO 1 SRAGEN. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol 3, No 4.
Sari, A. O. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ PADA MATERI MATRIKS. UIIN Raden Intan Lampung.
Sriwulan Purnamasari, A. H. (2019). PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran), Vol 6, No 1.

Published

2022-12-25
Abstract views: 1066 , PDF Downloads: 1677