SettingsPenerapan Model Pembelajaran Urutan (Sequenced Model) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5-A Tentang Materi Bangun Datar Pada Bidang Koordinat di SD Negeri Ngagelrejo V/400 Surabaya

Authors

  • Mudjiati Mn SD Negeri Ngagelrejo V/400, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p25-33

Keywords:

Meningkatkan, Hasil Belajar, Penerapan, Sequenced Model

Abstract

Settings

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada dibangku Sekolah Dasar. Sesuai dengan tujuan diberikannya matematika di sekolah,bahwa matematika sekolah memegang  peranan sangat penting. Anak didik memerlukan matematika untuk memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Bila hasil belajar rendah khususnya pada mata pelajaran Matematika seperti yang dialami oleh siswa Kelas 5-A SD Negeri Ngagelrejo V/400 Surabaya maka aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran tersebut harus ditingkatkan, salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Urutan (Sequenced Model). Dari latar belakang keterangan diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman materi Bangun Datar pada Bidang Koordinat melalui penerapan model pembelajaran Urutan (Sequenced Model) serta Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman materi Bangun Datar pada Bidang Koordinat melalui penerapan model pembelajaran Urutan (Sequenced Model) pada siswa Kelas 5-A SD Negeri Ngagelrejo V/400 Surabaya.Penerapan model pembelajaran Urutan (Sequenced Model) memiliki efektifitas untuk meningkatkan nilai autentik dan pemahaman materi Bangun Datar pada Bidang Koordinat siswa. Dengan nilai Bidang Koordinat siswa dari sebelum diterapkan model pembelajaran ini yang hanya memiliki rata-rata 54,4 menjadi 71,6 pada siklus I dan 77,7 pada siklus II.

References

<p>Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. [Online]. Tersedia http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jiptiain--chotmilhud-9908</p><p> </p><p>Kurniati, Online 11 Mei 2009, tersedia : http://Kosmo.vivanews.com</p><p> </p><p>Lukman, Online 7 Juli 2008. Tersedia :  http://haydar85.wordpress.com/2008/07/07</p><p> </p><p>Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah, Yogyakarta</p><p> </p><p>Shinta, Online 20 April 2010. Tersedia : <a href="http://retnadi-17.web.ugm.ac.id/wordpress/wp-content/pp.pdf">http://retnadi-17.web.ugm.ac.id/wordpress/wp-content/pp.pdf</a></p><p> </p><p>Syukur, M. 2004. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMU Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis Magister pada FPS UPI Bandung: tidak diterbitkan</p><p> </p><p>Wiratmoyo, Wahyu. 2005. Pengaruh Keaktifan Siswa Pada Metode Pembelajaran Urutan (<em>Sequenced Model</em>) Terhadap Prestasi Belajar Kimia Dasar I Kelas X Pokok Bahasan Kimia Koloid Di SMK KIMIA INDUSTRI THERESIANA SEMARANG TAHUN AJARAN 2004/2005..Semarang: Universitas Negeri Semarang</p><p> </p><p>Yudi, Online 7 April 2010. Tersedia : <a href="http://yudithea.blogspot.com/2010/04/metode-kumon-cara-efektif-belajar.html">http://yudithea.blogspot.com/2010/04</a></p><p> </p><p><a href="http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html">http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html</a></p><p> </p><p><a href="http://techonly13.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/">http://techonly13.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/</a></p><p> </p><p><a href="http://www.infogue/">http://www.infogue</a>.com/viewstory/2009/06/13/hasil_belajar_pengertian_dan_definisi_/?url=http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasilbelajar-pengertian-dan-definisi.html)</p><p> </p><p><a href="http://one.indoskripsi.com/">http://one.indoskripsi.com</a></p><p> </p><p> </p><p> </p><p> </p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 586 , PDF Downloads: 441 , PDF Downloads: 0