SettingsSinergitas Tripusat Pendidikan Pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p176-183Keywords:
kebijakan Pendidikan, penguatan pendidikan karakter, tripusat PendidikanAbstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis sinergitas tripusat
pendidikan yang dalam mendukung kebijakan program penguatan
pendidikan karakter (PPK) dan menghasilkan sebuah rekomendasi
kebijakan guna perbaikan kualitas pendidikan di SD. Perbaikan dalam
bidang pendidikan oleh pemerintah terus diupayakan dengan adanya
PPK. Upaya terbaik dilakukan bukan hanya melibatkan warga sekolah
saja namun adanya pihak lain di luar sekolah, yaitu mereka sebagai
orang tua dan komunitas masyarakat berkarakter. Dalam hal ini
menjalin kerjasama adalah kunci keefektifan pendidikan karakter,
dengan menggunakan kerjasama model linier, sekolah memberikan
sarana dan himbauan dalam satu arah. Selanjutnya kerjasama model
dua arah atau interaksional, pihak sekolah memberikan sarana dan
himbauan yang memungkinkan mendapat umpan balik pengirim dan
penerima. Sedangkan kerjasama model segala arah transaksional
sekolah dapat mencapai kesepakatan bersama dari segala lingkungan
pendidikan baik sekolah, keluarga, masyarakat.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal