SettingsSinergitas Tripusat Pendidikan Pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p176-183Keywords:
kebijakan Pendidikan, penguatan pendidikan karakter, tripusat PendidikanAbstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis sinergitas tripusat
pendidikan yang dalam mendukung kebijakan program penguatan
pendidikan karakter (PPK) dan menghasilkan sebuah rekomendasi
kebijakan guna perbaikan kualitas pendidikan di SD. Perbaikan dalam
bidang pendidikan oleh pemerintah terus diupayakan dengan adanya
PPK. Upaya terbaik dilakukan bukan hanya melibatkan warga sekolah
saja namun adanya pihak lain di luar sekolah, yaitu mereka sebagai
orang tua dan komunitas masyarakat berkarakter. Dalam hal ini
menjalin kerjasama adalah kunci keefektifan pendidikan karakter,
dengan menggunakan kerjasama model linier, sekolah memberikan
sarana dan himbauan dalam satu arah. Selanjutnya kerjasama model
dua arah atau interaksional, pihak sekolah memberikan sarana dan
himbauan yang memungkinkan mendapat umpan balik pengirim dan
penerima. Sedangkan kerjasama model segala arah transaksional
sekolah dapat mencapai kesepakatan bersama dari segala lingkungan
pendidikan baik sekolah, keluarga, masyarakat.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

