Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p166-175Keywords:
pembelajaran tematik, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan
pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di SD Inklusi, berbagai
problematika dan upaya dalam menyelesaikannya. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, satu guru pembimbing khusus (GPK), satu guru kelas,
dan satu anak tuna rungu di SDN Pucangan 2 Kecamatan Montong Kabupaten
Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini memaparkan tentang pelaksanaan pembelajaran
tematik, yaitu guru memberikan bimbingan khusus dengan menggunakan
bahasa isyarat dan gerak bibir jelas dalam berkomunikasi, mengembangkan
perangkat pembelajaran, menggunakan metode, media pembelajaran dan sarana
prasarana sesuai kebutuhan siswa. Problematika dalam pelaksanaan
pembelajaran tematik meliputi minimnya pengetahuan guru dalam memahami
bahasa isyarat lokal siswa, dan kesulitan dalam mengembangkan PPI serta
keterbatasan dalam media dan sarana prasarana. Upaya guru dan pihak sekolah
dalam mengatasi problematika dengan mengikuti KKG dan pelatihan-pelatihan
yang diadakan pemerintah berkaitan dengan pendidikan inklusi serta
mengajukan bantuan kepad pemerintah untuk pengadaan media dan sarana
prasarana penunjang untuk peningkatan proses pembelajaran.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

