Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi

Authors

  • Ina Agustin FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p166-175

Keywords:

pembelajaran tematik, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan
pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di SD Inklusi, berbagai
problematika dan upaya dalam menyelesaikannya. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, satu guru pembimbing khusus (GPK), satu guru kelas,
dan satu anak tuna rungu di SDN Pucangan 2 Kecamatan Montong Kabupaten
Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini memaparkan tentang pelaksanaan pembelajaran
tematik, yaitu guru memberikan bimbingan khusus dengan menggunakan
bahasa isyarat dan gerak bibir jelas dalam berkomunikasi, mengembangkan
perangkat pembelajaran, menggunakan metode, media pembelajaran dan sarana
prasarana sesuai kebutuhan siswa. Problematika dalam pelaksanaan
pembelajaran tematik meliputi minimnya pengetahuan guru dalam memahami
bahasa isyarat lokal siswa, dan kesulitan dalam mengembangkan PPI serta
keterbatasan dalam media dan sarana prasarana. Upaya guru dan pihak sekolah
dalam mengatasi problematika dengan mengikuti KKG dan pelatihan-pelatihan
yang diadakan pemerintah berkaitan dengan pendidikan inklusi serta
mengajukan bantuan kepad pemerintah untuk pengadaan media dan sarana
prasarana penunjang untuk peningkatan proses pembelajaran.

References

<p>Ahmadi, Abu.2008. <em>Psikologi Belajar</em><em>.</em>Jakarta: Rineka Cipta</p><p>Emulyasa.2004.<em>Manajemen Berbasis Sekolah.</em> Jakarta: Rineka Cipta</p><p>Efendi, M. 2006. <em>Pengantar Psikopedagogik anak berkelainan. </em>Jakarta: PT Bumi Aksara</p><p>Pieter, HZ.2017. <em>Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat</em>. Jakarta: Kencana</p><p>Solichah, I. 2014. <em>Alat Peraga Untuk Tunarungu</em>. Jakarta: Media Guru</p><p>Somantri, Sutjihati. 2006. <em>Psikologi Anak Luar Biasa</em>. Bandung: Refika Aditama</p><p> Sugiyono. 2017. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&amp;D.</em> Bandung: Alfabeta.</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 1058 , PDF Downloads: 1024